Festival Pustaka Muhammadiyah di Pulang Pisau

1
233

Cirebonmu, Pulang Pisau  —  Seperti menapaki perjalanan dakwah AR Sutan Mansyur dan Buya Hamka di bumi Kalimantan. Kedua tokoh ini pernah rihlah dakwah ke Banjarmasilan, Alabio di Kab Hulu Sungai Utara Kalimantan Selatan dan Kapuas, Kalimantan Tengah.

Tim Majelis Pustaka dan Informasi PP Muhammadiyah memulai perjalanan dari Palangkaraya, Kalimantan Tengah. Agendanya mengadakan Festival Pustaka Muhammadiyah ( 8/12/2023) di PDM Pulang Pisau, Kalimantan Tengah. Lokasinya 100 KM dari Kota Palangkaraya.

Mengapa di Pulang Pisau?

MPI PP Muhammadiyah dikenalkan kepada Kab Pulang Pisau dari aktivitas literasi MPI PDM Pulang Pisau yang digawangi Bonie Febriyanto, ketua MPI Pulang Pisau. Lewat Perpustakaan KHA Ahmad Dahlan dan website pulangpisau.com,  Bonie menghadirkan aktivitas literasi di Pulang Pisau. Hampir 10 tahun lamanya MPI PDM Pulang Pisau aktif menghidupkan literasi dengan perpus dan website yang dirawat eksistensinya.

Letak kab Pulang Pisau diantara Kota Palangkaraya, Kalimantan Tengah dan Kota Banjarmasin, Kalimantan Selatan. Kabupaten Pulang Pisau dengan jumlah penduduk 200rb adalah pemekaran dari Kab. Kapuas. Perpustakaan KHA Dahlan berapa di kompleks kantor PDM Pulang Pisau yang berapa di jalur jalan trans Kalimantan. Kab Pulang Pisau masih bertumbuh, sehingga tidak seramai kota-kota di Kalimantan.

Festival Pustaka Muhammadiyah di Pulang Pisau CirebonMU

Wakaf Buku, Workshop Penulisan Sejarah dan Inventarisasi Heritage

Agenda Festival Pustaka Muhammadiyah di Kab Pulang Pisau sangat meriah. Dimulai dari pembukaan oleh Wakil Ketua MPI PP Muhammadiyah Wiwied Widiastuti, Wakil Ketua PWM Kalimantan Tengah Abdul Qodir dan Ketua PDM Pulang Pisau Najmudin. Selanjutnya wakaf buku oleh Iwan Setiawan dan Workshop penulisan sejarah oleh Ghifari Yuristiadhi dan M Ichsan Budi Prabowo.

Tamu undangan yang mengikuti agenda adalah PWA Kalimantan Tengah, PDM dan PDA Kalimantan Tengah, Perpustakaan Kab Pulang Pisau, Pemuda Muhammadiyah dan IMM Pulang Pisau dll

Dalam workshop penulisan sejarah telah disepakati untuk menulis sejarah PWA Kalimantan Tengah, Sejarah PDM Kapuas dan PDM Pulang Pisau.

Festival Pustaka Muhammadiyah adalah program MPI dalam menyebarkan virus literasi dan juga menggalakkan penulisan sejarah lokal Muhammadiyah di seluruh Indonesia. (yn/iwan s/arief h)

1 KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini