Gandeng Institut Transportasi dan Logistik Trisakti Serta Help Logistics Singapore, MDMC Tingkatkan Kapasitas Manajemen Logistik

1
261

Cirebonmu, Yogyakarta — Muhammadiyah Disaster Management Center (MDMC) bekerjasama dengan Institut Transportasi dan Logistik Trisakti dan Help Logistics Singapore adakan pelatihan logistik di Hotel Santika Premiere, Yogyakarta, selama 3 hari, mulai dari tanggal 28 hingga 30 November 2023. Acara ini sebagai penanda awal dari rangkaian program kerjasama yang akan berlangsung selama 2 tahun ke depan untuk membangun sistem logistik di MDMC.

Sebanyak 10 peserta dari MDMC PP Muhammadiyah dan perwakilan dari beberapa wilayah di Jawa turut serta dalam pelatihan ini. Help Logistics Singapore dan Institut Transportasi dan Logistik Trisakti sebagai pemateri membagikan pengalaman dan pengetahuannya dalam bidang logistik kepada para peserta sebagai dasar wawasan.

Meskipun manajemen internal MDMC memiliki reputasi yang baik sebagai organisasi besar, namun MDMC terus berupaya untuk berinovasi dalam peningkatan kapasitasnya. Oleh karena itu, pelatihan ini diadakan dengan harapan dapat menambah kapabilitas dan profesionalisme MDMC dalam pengelolaan bantuan (logistik), sehingga lebih kompeten, akuntabel, terlacak, dan efisien.

Gandeng Institut Transportasi dan Logistik Trisakti Serta Help Logistics Singapore, MDMC Tingkatkan Kapasitas Manajemen Logistik CirebonMU

Pada hari pertama pelatihan, terdapat empat sesi materi. Salah satunya adalah “Introduction to SCM in Humanitarian Sector” yang disampaikan oleh Yogesh dari Help Logistics Singapore. Kemudian sesi lainnya mencakup “Warehouse Management” yang disampaikan oleh Dr. Euis, perwakilan dari Institut Transportasi dan Logistik Trisakti.

Barori Budi Aji, selaku Wakil Sekretaris MDMC PP Muhammadiyah, menyampaikan harapannya bahwa pelatihan ini dapat meningkatkan pemahaman sistem dan mekanisme logistik MDMC. “Kami berharap pelatihan ini dapat membuat relawan dan penggiat di MDMC lebih profesional, akuntabel, efisien, dan efektif dalam pengelolaan logistik ketika merespons bencana.” ujarnya.

Lebih lanjut, MDMC berkomitmen untuk terus meningkatkan kemampuan dan kesiapannya dalam hal pengelolaan bantuan dan tanggap darurat. Hal ini sejalan dengan visi lembaga resiliensi bahwa pelatihan ini menjadi langkah penting dalam membangun fondasi yang kuat sehingga mampu meningkatkan kualitas layanan MDMC dalam menghadapi bencana di masa depan. (YN/SYH)

Sumber : MDMC PP Muhammadiyah

1 KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini