Gelar Wisuda Ke-31, UM Cirebon Siap Lahirkan Lulusan Unggul

0
618

Cirebonmu, Sumber – Universitas Muhammadiyah Cirebon, bertepatan dengan hari Sumpah Pemuda, menggelar  Sidang Senat Terbuka Wisuda ke 31 Tahun Akademik 2022/2023 pada Ahad (28/10) bertempat di Convention Hall UMC, Watubelah Sumber Kabupaten Cirebon, diikuti oleh 885 wisudawan/wisudawati dari tujuh fakultas yang ada di Universitas Muhammadiyah Cirebon.

Hadir dalam acara ini Majelis Diktilitbang PP Muhammadiyah, Ketua Pimpinan Wilayah Muhammadiyah Jawa Barat, Prof.

Dr. Ahmad Dahlan, M.Ag., Ketua Pimpinan Daerah Muhammadiyah KabupatenCirebon, Novan Hardiyanto, MM., perwakilan Pimpinan Daerah Aisyiyah Kabupaten Cirebon, dan perwakilan Pimpinan Daerah Muhammadiyah Kota Cirebon. Turut hadir Bupati Cirebon, Drs. H. Imron Rosyadi, MM.

Rektor UMC, Arif Nurudin MT dalam sambutannya mengatakan tugas kampus adalah menyiapkan berbagai perangkat agar melahirkan lulusan unggul yang kelak bisa menjawab tantangan Industri dan pasar. Di usia ke 23 Universitas Muhammadiyah Cirebon mampu berdiri sejajar dengan perguruan tinggi lainnya.

“ Di usia 23 tahun Universitas Muhammadiyah Cirebon telah menunjukkan eksistensinya sebagai perguruan tinggi yang mampu berdiri sejajar dengan perguruan tinggi lainnya, baik di kancah lokal maupun nasional,” kata Arif Nurudin

Hal ini dapat tergambarkan dari grafik sumberdaya manusia, infrastruktur dan capaian lainnya yang mengalami kenaikan signifikan. Pada usia ke-23 tahun ini Universitas Muhammadiyah Cirebon telah mencapai berbagai prestasi. Dari aspek sumber daya manusia, UMC telah memiliki 46 dosen dengan gelar studi Doktor dan hampir 80% dosen Universitas Muhammadiyah Cirebon telah memiliki sertifikat pendidik.

Arif mengatakan UMC saat ini menjadi sorotan semua PTMA dan Perguruan Tinggi lainnya di Jabar karena dinilai moncer prestasinya untuk hibah Kemdibudristekdikti se-LLDIKTI 4. Selain itu, penelitian dosen UMC yang didampingi LPPM juga membuahkan banyak capaianssehingga berhasil menembus penelitian baik internal hingga nasional.

Gelar Wisuda Ke-31, UM Cirebon Siap Lahirkan Lulusan Unggul CirebonMU

Dalam aspek infrastrukutur, setiap tahun kita tingkatkan sarana pembelajaran baik itu ruang kelas dan laboratorium. Di antara infrastruktur yang sedang dibangun adalah laboratorium broadcasting senilai hampir 1 milyar.

Dari aspek pembelajaran pada tahun ini kita memberangkatkan kurang lebih 200 mahasiswa dalam program merdeka belajar kampus merdeka. Mereka tersebar dalam berbagai skema program merdeka belajar kampus merdeka yang dilaksanakan hingga ke papua.

Dari aspek prestasi mahasiswa, tercatat lebih dari 15 capaian prestasi mahasiswa tingkat nasional. Di antara prestasi tersebut, beberapa mahasiswa Universitas Muhammadiyah Cirebon, masuk dalam seleksi pemain sepak bola Persik Kediri dan mendapatkan Runner Up dalam ajang olahraga Jakarta Rugby Tournamen tingkat Internasional.

Berbagai upaya yang dilakukan UMC adalah bagian dari ikhtiar kampus untuk menyiapkan lulusan terbaik agar masa depan mereka cerah. Hal ini sangat penting karena masa depan adalah milik mereka yang mau mempersiapkan hari ini.

Arif mengingatkan bahwa dunia kerja saat ini sangat berbeda fenomenanya dari yang sebelumnya. Dahulu, dunia kerja fokus pada kemampuan hard skill, tetapi saat ini sudah berkembang untuk mempertimbangkan kesiapan jati diri seorang sarjana untuk menghadapi keadaan yang tidak pasti di kemudian hari.

Hingga saat ini Universitas Muhammadiyah Cirebon telah melahirkan 20.000 wisudawan yang sudah berkiprah di berbagai Institusi, baik dalam dan luar negeri. (yan)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini