Gelorakan Gerakan UMKM Berkemajuan, LP UMKM Muhammadiyah Akan Gelar Rakernas

0
433

Jakarta, CM – Lembaga Pengembang (LP) UMKM Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah akan mengadakan  Rapat Kerja Nasional (Rakernas) untuk memberikan arah,pedoman, dan program pengembangan Usaha Mikro Kecil (UMKM) di lingkungan Persyarikatan, dengan usung tema: Muhammadiyah dan Gerakan UMKM Berkemajuan. Rakernas rencananya akan digelar pada pada tanggal 29-31 Agustus 2023 di Kampus Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka Jl. Tanah Merdeka No. 20 Kota Jakarta Timur.

Hal tersebut diungkapkan oleh Ketua pengarah rakernas ,Syafruddin Anhar, S.E., M.M dalam keterangan tertulisnya pada Senin (14/08/23). Ditegaskan, Lembaga Pengembang Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (LP UMKM) Pimpinan Pusat Muhammadiyah merupakan lembaga baru pada struktur unsur Pembantu Pimpinan Pusat Muhammadiyah dalam meningkatkan akselerasi Gerakan Ekonomi khususnya pada sektor riil dalam lingkup UMKM. Tanggung Jawab dan tugas LP UMKM adalah melatih, membina, membesarkan, serta melindungi usaha-usaha mikro, kecil dan menengah dalam lingkup Persyarikatan.  Untuk itu di Rakernas LP UMKM akan merumuskan strategi pengembangan UMKM Muhammadiyah dan tahapan (milestone) yang akan ditempuh dalam 5 tahun ke depan. Kemudian melakukan koordinasi pemberdayaan UMKM Muhammadiyah secara terintegrasi.

“Kami berharap output rakernas LP UMKM mampu  untuk merumuskan sinergitas dan membangun ekosistem bisnis Muhammadiyah serta  membangun keterpaduan antar wilayah dan antar sektor untuk penguatan bisnis Muhammadiyah,”ujarnya.

Keberpihakan Muhammadiyah terhadap UMKM, lanjut Syafruddin, dirasa sangat penting, melihat kontribusi UMKM selama ini melihat data statistik yang menyebutkan  peran UMKM yang jumlahnya mencapai 99% dari seluruh unit usaha secara nasional, sebelum covid berkontribusi 60,5% pada PDB dengan penyerapan tenaga kerja sebesar 96,9% dari total penyerapan tenaga kerja nasional. Dengan demikian gerakan ekonomi Persyarikatan melalui sektor UMKM ini juga sebagaimana dirumuskan dalam dokumen risalah Islam berkemajuan.

Rakernas selain ajang silaturahmi dan koordinasi antar para pengurus LP UMKM PP Muhammadiyah, wilayah dan daerah, acara tersebut kata Syafruddin, juga diwarnai  dengan rangkaian  acara interaksi dialog pemangku kebijakan publik dan para pelaku UMKM,  berupa  Seminar tentang perekonomian Indonesia, dengan narasumber Menteri Perdagangan; Zulkifli Hasan, Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN); Erick Thohir, Menteri Koperasi & UKM; Teten Masduki. Ketua Umum Pimpinan Pusat Muhammadiyah; Prof. Dr. K.H Haedar Nashir, M.Si, Ketua Pimpinan Pusat Muhammadiyah Bidan LP UMKM, Pemberdyaan Masyarakat dan Lingkungan Hidup; Dr. Anwar Abbas, M.M, M. Ag dan Ketua LP UMKM PP Muhammadiyah; Toni Firmansyah, S.Farm, Apt. Serta Pameran (Expo) dan Pasar Murah UMKM unggul di tempat acara. (yan)

Sumber : Media Center Rakernas LP – UMKM

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini