Gelorakan Semangat Literasi, MPI Pulang Pisau Gelar Festival Pustaka Muhammadiyah

1
200

CIREBONMU, PULANG PISAU- Untuk menggelorakan kembali semangat literasi , tradisi membaca dan menulis, serta meningkatkan pengetahuan tentang dokumentasi sejarah Muhammadiyah lokal Kalimantan Tengah, Majelis Pustaka dan Informasi (MPI) Pimpinan Pusat Muhammadiyah bersama dengan Majelis Pustaka dan Informasi (MPI) Pimpinan Daerah Muhammadiyah (PDM) Pulang Pisau akan menggelar kegiatan literasi bertajuk “Festival Pustaka Muhammadiyah tahun 2023” yang akan diadakan pada tanggal 9 Desember 2023 bertempat di Pusat Dakwah Muhammadiyah Pulang Pisau Kalimantan Tengah.

Kegiatan Festival Pustaka Muhammadiyah digelar masih dalam rangkaian Milad Ke-111 Muhammadiyah, yang mempunyai 2 agenda utama yaitu : Wakaf Buku dan Workshop Penulisan Sejarah Muhammadiyah lokal.

MPI PP Muhammadiyah bersama dengan PDM Pulang Pisau menggelar Koordinasi melalui Virtual, membahas teknis persiapan acara Festival Pustaka Muhammadiyah (29/11).

Meeting dihadiri oleh Wakil Ketua MPI PP  Muhammadiyah Wiwied Widyastuti bersama anggota MPI , Iwan KC Setiawan , Ghifari Yuristiadhi, Muhammad Ichsan Budi Prabowo., M.A.Riswinarno, Sekretaris umum MPI PP Muhammadiyah, Prof. Dr. Anam Sutopo, MPI PDM Pulang Pisau, Bonni Febrianto, Ketua PDM Pulang Pisau Najmuddin, Sekretaris PDM Rudi Purwadi, wakil ketua PDM yang membidangi MPI, Akhmad Dhofir, serta Koordinator pelaksana dari Angkatan Muda Muhammadiyah Nurul Iftiasanti

Koordinator Wakaf Pustaka Iwan KC Setiawan,  menjelaskan bahwa program Wakaf Buku ini sebagai project Majelis Pustaka dan Informasi PP Muhammadiyah yang memberikan Donasi Buku dari MPI PP Muhammadiyah kepada MPI PDM Pulang Pisau,

“Selanjutnya buku yang didonasikan akan dikirim ke taman bacaan dan perpustakaan yang memerlukan, terutama di daerah yang jauh dari pusat literasi yang berada di perkotaan.” Terangnya.

Kemudian Workshop Penulisan Sejarah Muhammadiyah adalah pelatihan dan aksi menulis sejarah Muhammadiyah Lokal PDM Pulang Pisau dan sekitarnya, yang memberi dampak terhadap perkembangan literasi khususnya di Pulang Pisau.

” Semoga dapat juga diikuti oleh PDM-PDM di Kalimantan Tengah, minimal yang terdekat dengan Kabupaten Pulang Pisau” ucapnya.

Wiwied Widyastuti, M.Hum selaku Wakil Ketua MPI bidang Museum, Kearsipan, dan Pustaka mengatakan bahwa kegiatan ini sudah lama ingin dilakukan di luar Jawa, dan memilih Pulang Pisau Kalimantan Tengah sebagai tempat digelarnya acara yang bertajuk ‘Festival Pustaka tahun 2023″.

” Yang pertama, sejak periode lalu kita melihat bahwa dinamika di Pulang Pisau ini sangat luar biasa terutama dalam konteks pembinaan dan literasi Taman Pustakanya, sekarang sudah berkembang saya melihat bahwa untuk media nya, pulang pisau ini juga cukup progresif, cukup aktif didalam konteks media” katanya

Gelorakan Semangat Literasi, MPI Pulang Pisau Gelar Festival Pustaka Muhammadiyah CirebonMU

Ia berharap saya bisa mengajak teman-teman dari bidang lain yang memahami soal jurnalistik, Jadi nanti sebanyak apapun yang bisa kita coba lakukan ya ketika kita sampai di Pulang Pisau.

Kemudian Yang kedua, setelah kita koordinasi dengan Tim MPI melalui mas Iwan Setiawan selaku koordinator , menyampaikan bahwa , ada buku-buku yang ingin diserahkan ke Taman Pustaka Pulang Pisau.

”Nah Biaya pengiriman ke Pulang Pisau kan lumayan mahal ya, jadi kenapa kita tidak kesana sekalian kita buat acara dengan teman-teman dari Pulang Pisau, syukur-syukur bisa sampai mencapai ke teman-teman Kalimantan Tengah” kata Wiwied.

Dikatakan Wiwied bahwa Wakaf buku ini akan menjadi inspirasi untuk wakaf buku ke wilayah-wilayah lain terutama ke taman Pustaka yang lain, kemudian saat ini kita juga sedang menggairahkan penulisan sejarah lokal dan inventarisasi heritage, maka akan diadakan semacam coaching class untuk kegiatan Penulisan sejarah Muhammadiyah.

“Kita akan memberikan semacam panduan ringkas penulisan, dengan harapan teman-teman di Pulang Pisau dan Kalimantan Tengah bisa melakukan pendataan heritage maupun penulisan sejarah lokal secara mandiri , baik dalam penulisan dan pengumpulan datanya, tetapi dalam konteks penulisannya itu nanti masih akan kita bimbing, dan mungkin ini satu wilayah atau satu daerah yang akan menjadi prioritas untuk pendampingan penulisan sejarah, kita lihat Pulang Pisau ini secara geografis memang cukup strategis” ujarnya.

Menurut Wiwied, Kegiatan wakaf buku dan penulisan sejarah Muhammadiyah akan banyak manfaat, counting clash penulisan sejarah dan invetarisasi bisa melibatkan sumber daya yang ada, dalam hal ini guru-guru sejarah yang ada di sekolah-sekolah Muhammadiyah, karena teman-teman yang dari MPI mungkin tenaga nya juga tidak banyak, juga terbatas kemampuan kesejarahannya , dan hal ini telah dibicarakan juga dengan Majelis Dikdasmen, dan mereka menyambut dengan baik adanya kegiatan penulisan. (yan/bonni)

1 KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini