Grand Opening RS Sarkies ‘Aisyiyah Kudus, Dihadiri Sekum PP Muhammadiyah

0
455

Kudus, CM – Mengawali beroperasinya RS Sarkies ‘Aisyiyah Kudus, PDM dan PDA Kabupaten Kudus menggelar Grand Opening, Senin lalu (1/6) Bertempat di Halaman Rumah Sakit.

Grand Opening dihadiri oleh Sekretaris Umum PP Muhammaiyah Prof. Dr. H. Abdul Mu’ti, M.Ed., Ketua PP Muhammadiyah, Ketua Umum PP ‘Aisyiyah Dr. apt. Hj. Salmah Orbayyinah, M.Kes., Ketua MPKU PP Muhammadiyah Dr. H. Agus Syamsudin, M.M. Ketua PWM Jawa Tengah Dr. KH. Tafsir, M.Ag., Wakil Ketua PWM Jawa Tengah Dr. H. Rozihan, M.Ag., Ketua PWA Jawa Tengah Dr. Hj. Eny Winaryati, M.Pd., Bupati Kudus Dr. H. M Hartopo beserta Forkpimda, Ketua PDM dan PDA Kudus, Pimpinan Ortom tingkat Daerah, BPH dan Direksi RS Syarkies ‘Aisyiyah Kudus, serta para tamu undangan lainnya.

Dengan tagline The Ultimate Islamic Healthcare RS Sarkies ‘Aisyiyah Kudus menjadi Rumah Sakit ke-51 Muhammadiyah Jawa Tengah.

Mengawali sesi sambutan, Ketua PDA Kudus Periode 2015-2022 Hj. Khosifah, S.Pd.I. menyampaikan ucapan terima kasih kepada segenap tamu undangan yang sudah berkenan hadir dalam kegiatan Grand Opening RS Sarkies ‘Aisyiyah Kudus. Selain itu, ia juga menyampaikan ucapan terimakasih dan apresiasi kepada seluruh pihak yang telah menyukseskan pendirian RS Sarkies ‘Aisyiyah Kudus.

“Sebagai bangsa yang cerdas dan bertanggungjawab harus melakukan sesuatu atas berbagai realita permasalahan masyarakat, khususnya di bidang kesehatan. Di antara upaya kita adalah dengan mewujudkan RS Sarkies ‘Aisyiyah Kudus. Dengan grand opening hari ini bukan berarti kesempatan untuk beramal jariyah melalui wakaf pembangunan rumah sakit ini selesai. Kami masih menerima kontribusi panjenengan untuk menjaga harta titipan Allah dengan berinvestasi mewakafkan sebagian harta,” ucap Khosifah.

Selanjutnya, Kepala Board of Director RS Sarkies ‘Aisyiyah Kudus dr. Hilal Ariadi, M.Kes. dalam sambutannya menyampaikan bahwa pembangunan RS Sarkies ‘Aisyiyah Kudus diawali dengan pemberian tanah wakaf oleh H. Saifullah pada tahun 2020. Hal tersebut dilanjutkan peletakan batu pertama di tahun 2021, yang kemudian pembangunannya selesai di tahun 2023.

Grand Opening RS Sarkies ‘Aisyiyah Kudus, Dihadiri Sekum PP Muhammadiyah CirebonMU

“RS Sarkies ‘Aisyiyah Kudus ini akan beroperasional menjadi rumah sakit tipe c dengan kapasitas 115 tempat tidur, yang terdiri dari VVIP, Kelas I, dan Kelas Rawat Inap Standar. Dengan adanya Kelas Rawat Inap Standar maka RS Sarkies ‘Aisyiyah ini telah siap dalam menampung pasien BPJS,” ucap dr. Hilal.

Sebagai informasi, RS Sarkies ‘Aisyiyah Kudus ini terdiri dari 5 lantai yang memiliki fasilitas, di antaranya : Ruang Manajemen, Ruang Gizi, Laundry, IPSRS, Ruang Jenazah, IGD (20 tempat tidur), Hall, Ruang Pendaftaran, Radiologi, Coffe & Bakery Shop, Food Court, ATM Center, Poliklinik, Farmasi, Laboratorium, Rehab Medik, Musala, IBS 2 bedah mayor & 2 bedah minor, ICU 7, PICU NICU 4, VK 8, CSSD, Rawat Inap KRIS 60 tempat tidur, Isolasi 11 tempat tidur, Kelas I 10 tempat tidur, Kelas VIP 20 tempat tidur, dan area taman. Adapun Convention Hall, Hydrotherapy, dan Fitness Center sedang dalam pengembangan untuk lantai 6-8.

Acara kemudian dilanjutkan dengan Pemberian Cindera Mata untuk para pewakaf yang secara langsung diberikan oleh Ketua Umum PP ‘Aisyiyah dan Sekretaris Umum PP Muhammadiyah. Sekaligus penyerahan alat kesehatan dari Intromedic Indonesia kepada Direksi RS Sarkies ‘Aisyiyah Kudus.

Grand Opening RS Sarkies ‘Aisyiyah Kudus, Dihadiri Sekum PP Muhammadiyah CirebonMU

Adapun Ketua Umum PP ‘Aisyiyah Dr. apt. Hj. Salmah Orbayyinah, M.Kes. dalam sambutannya menyampaikan bahwa RS Sarkies ‘Aisyiyah Kudus merupakan rumah sakit yang luar biasa.

“Tadi disampaikan bahwa penyerahan tanah wakafnya 25 Oktober 2020, kemudian peletakan batu pertama 28 Juli 2021, dan 5 Juli 2023 adalah grand opening. Waktu yang amat sangat singkat untuk sebuah rumah sakit yang super besar dengan menelan biaya hampir Rp. 130 Milyar,” ucap Salmah.

Selanjutnya ia juga menyampaikan dengan berdirinya RS Sarkies ‘Aisyiyah Kudus menjadi kebanggaan bagi segenap warga Muhammadiyah, khususnya ‘Aisyiyah di seluruh dunia.

“Kita memberikan kontribusi yang nyata untuk bangsa dan negara, salah satunya melalui RS Sarkies ‘Aisyiyah Kudus. Di mana RS Sarkies ‘Aisyiyah Kudus ini memberikan kontribusi dalam hal memudahkan fasilitas dan layanan kesehatan,” imbuhnya.

Lebih lanjut Salmah menyampaikan bahwa ‘Aisyiyah senantiasa membantu negara dengan meningkatkan kualitas kesehatan untuk masyarakat.

“Kita ingin RS Sarkies ‘Aisyiyah Kudus ini nantinya betul-betul menjadi rumah sakit yang berkualitas dan harus menjadi tekad untuk menjadi Rumah Sakit unggulan,” tegas Salmah.

Ia juga mengungkapkan bahwa ‘Aisyiyah, di bidang kesehatan, concern pada tiga hal. Pertama, mendirikan program studi perguruan tinggi di bidang kesehatan. Kedua, mendirikan Amal Usaha di bidang kesehatan. Ketiga, pengabdian masyarakat berbasis kesehatan.

Selanjutnya, Bupati Kudus Dr. H. M Hartopo dalam sambutannya menyampaikan ucapan selamat atas Grand Opening RS Sarkies ‘Aisyiyah Kudus.

“RS Sarkies ‘Aisyiyah Kudus merupakan rumah sakit ke delapan, tapi yang terbesar dan termegah se-Indonesia. Ini sangat luar biasa,” ucap Hartopo.

Ia juga menyampaikan bahwa RS Sarkies ‘Aisyiyah Kudus menjadi icon baru di Kabupaten Kudus. Hartopo berharap RS Sarkies ‘Aisyiyah Kudus bisa menjadi rujukan.

“Saya lihat untuk Rumah Sakit ini sudah menelan biaya yang luar biasa banyaknya dan masih berlanjut. Sudah 130 Milyar. Ini kelihatannya tanpa bantuan ya, uang sendiri,” ungkap Hartopo.

Bupati Kudus ini juga menyoroti fasilitas penghilang penat yang terdapat di RS Sarkies ‘Aisyiyah Kudus, di antaranya Mall Pelayanan, Food Court, dsb.

Grand Opening RS Sarkies ‘Aisyiyah Kudus, Dihadiri Sekum PP Muhammadiyah CirebonMU

Acara kemudian peresmian RS Sarkies ‘Aisyiyah Kudus oleh Sekretaris Umum PP Muhammaiyah Prof. Dr. H. Abdul Mu’ti, M.Ed., Ketua PP Muhammadiyah, Ketua Umum PP ‘Aisyiyah Dr. apt. Hj. Salmah Orbayyinah, M.Kes., Ketua PWM Jawa Tengah Dr. KH. Tafsir, M.Ag., dan Bupati Kudus Dr. H. M Hartopo.

Seusai peresmian, Sekretaris Umum PP Muhammaiyah Prof. Dr. H. Abdul Mu’ti, M.Ed. memberikan tausiyah. Di awal tausiyahnya Sekretaris Umum PP Muhammadiyah ini menyampaikan ucapan selamat atas peresmian RS Sarkies ‘Aisyiyah Kudus.

“Grand Opening rumah sakit ini merupakan bagian dari 4 kekuatan Muhammadiyah dan ‘Aisyiyah. Pertama, kekuatan ibu-ibu. Kedua, kekuatan kesabaran. Saya tahu bagaimana perjuangan untuk mendirikan rumah sakit ini. Ketiga, kekuatan jaringan dan kerja sama. Keempat, kekuatan sumberdaya manusia,” ucap Mu’ti.

Ia juga menyampaikan bahwa setelah izin operasional turun, peresmian sudah terlaksana, maka tugas selanjutnya ialah memajukan RS Sarkies ‘Aisyiyah Kudus menjadi rumah sakit unggulan. (yan)
Sumber : PWMJateng.com

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini