Ini Rekomendasi Perempuan Muda Islam Berkemajuan Yang Dibahas Pada Muktamar XIV Nasyiatul Aisyiyah

5
188
Foto : Tim Media Center Muktamar

Bandung, CM (3/12) — Memasuki hari kedua Muktamar XIV Nasyiatul Aisyiyah, para peserta makin semangat mengikuti agenda demi agenda, termasuk agenda pembukaan yang pagi tadi sudah dilaksanakan.

Rencananya, malam ini para peserta akan mengikut beberapa sidang pleno sebelum esok akan ada penutupan Muktamar, di antaranya : Sidang Pleno V (Pembahasan Program dan Rekomendasi Nasyiatul Aisyiyah dan Penetapan AD ART), dan pemilihan formaur PPNA 2022-2026.

Dalam buku materinya, PPNA memberikan 14 rekomendasi yang diberi nama 14 Rekomendasi Perempuan Muda Islam Berkemajuan. Berikut poin-poinnya

1. Pencegahan stunting oleh semua pihak, termasuk dukungan dari sektor ketenagakerjaan dan pendidikan.

2. Meningkatkan ruang yang inklusif dan fasilitas publik yang sensitif pada kebutuhan perempuan, anak, lansia, dan penyandang disabilitas.

3. Perlindungan dan pemenuhan hak pekerja rumah tangga.

Baca Juga : Sempat Panik Karena Gempa, Peserta Muktamar Nasyiatul Aisyiyah Lanjutkan Sidang

4. Mendorong terbentuknya sistem pencegahan dan penanganan kekerasan terhadap perempuan dan anak di berbagai sektor, termasuk layanan pemulihan, baik dalam lingkungan organisasi masyarakat sipil, lembaga pemerintah, lembaga pendidikan, maupun sektor swasta.

5. Memperkuat kepemimpinan perempuan dalam perubahan kebijakan, terutama perempuan lokal dan akar rumput untuk mewujudkan kebijakan desa yang responsif gender dan inklusif.

6. Membangun resiliensi keluarga dan masyarakat, yang dapat berkontribusi pada penanggulangan bencana, terutama pengurangan resiko bencana dan  perubahan iklim.

7. Memperteguh dan mempromosikan nilai-nilai islam wasathiyah serta memperkuat kohesi sosial dan perdamaian antar umat beragama sebagai wujud kemanusian universal Islam untuk menjaga keutuhan bangsa serta masyarakat dunia yang bhinneka.

8. Memperluas wadah aktualisasi potensi diri untuk memaksimalkan bonus demografi yang knowledgeable, capable, dan humble.

9. Mendorong perempuan Indonesia untuk lebih kritis dan responsif terhadap demokrasi dan konstelasi politik nasional, di antaranya pemilu.

Baca Juga : Menteri Agama Tawarkan Kerjasama Dengan Nasyiatul Aisyiyah

10. Memperkuat kebijakan yang memberikan daya dukung untuk meningkatkan kemandirian ekonomi perempuan.

11. Meningkatkan akses terhadap layanan kesehatan mental dan kesehatan reproduksi bagi perempuan dan anak.

12. Meningkatkan kapasitas dan sistem perlindungan digital.

13. Bergotong royong untuk pulih dari pandemi Covid 19, dengan memperhatikan aspek gender dan kerentanan.

14. Sinergi berbagai pihak baik nasional maupun internasional.

Khotimun Sutanti sebagai Tim Materi Muktamar XIV PPNA menyampaikan bahwa PPNA telah menyampaikan materi Muktamar sebelum rapat Pleno I PPNA, Ahad 13 November 2022 dan sudah ditanggapi oleh peserta Muktamar.

“Kita sudah mengirimkan materi secara online (kepada peserta) dan juga sudah ada tanggapan dari PWNA se Indonesia. Tim Materi juga sudah mengakomodasi masukan-masukannya, mulai dari substansi dan redaksi,” ungkap Imun.

Baca Juga : Haedar, Semangat Kepemimpinan Harus Menghadirkan Nilai-Nilai Islam

Sebagai informasi bahwa sore tadi bertempat di Gedung Budaya Sabilulungan Soreang sudah terlaksana penyampaian tanggapan balik dari PPNA terkait masukan-masukan yang sudah diberikan oleh PWNA se Indonesia sebelumnya.

“Beberapa masukan dari teman-teman PWNA di antaranya mempertajam isu-isu soal kekerasan terhadap perempuan perempuan, terhadao anak, moderasi beragama, dan lainnya,” imbuhnya.

Imun menambahkan bahwa isu-isu yang diangkat oleh Nasyiatul Aisyiyah juga berkaitan dengan isu-isu yang diangkat pada Muktamar ke 48 Muhammadiyah dan ‘Aisyiyah. (yan/rilis)

Sumber : Media Center Muktamar XIV Nasyiatul Aisyiyah

Berita Terkait :

Komitmen Nasyiatul Aisyiyah di Muktamar XIV, Majukan Perempuan Kuatkan Peradaban Bangsa

Nasyiatul Aisyiyah Siap Hasilkan Isu Strategis Memajukan Perempuan di Muktamar Ke-14

Tanwir V Pra Muktamar XIV Nasyiatul Aisyiyah Resmi Dibuka

Inilah 27 Calon Tetap Anggota PP Nasyiatul Aisyiyah Periode 2022-2026

5 KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini