Jelang Idul Adha 1445 H, Lazismu Jawa Barat Gelar Rakorsus Qurban

CIREBONMU.COM, Bandung –  27 Lazismu se-Jawa Barat mengikuti kegiatan Rapat Koordinasi Khusus (Rakorsus) Qurban yang diselenggarakan oleh Lembaga Amil Zakat Infaq Shadaqah Muhammadiyah (Lazismu) Wilayah Jawa Barat. Kegiatan ini dilaksanakan di Aula Masjid Raya Mujahidin Kota Bandung, Jum’at (10/05/24), dalam rangka menyambut hari raya qurban yang akan jatuh pada tanggal 17 Juni 2024/ 10 Dzulhijjah 1445 H berdasarkan Kalender hisab Pimpinan Pusat Muhammadiyah. Selain rapat koordinasi, agenda dalam rangkaian acara ini adalah konsolidasi dan penguatan kelembagaan untuk gerak langkah Lazismu di Daerah.

Hadir dalam pembukaan Sekretaris Pimpinan Wilayah Muhammadiyah (PWM) Jawa Barat, Iu Rusliana. Dalam sambutannya, Iu mengapresiasi kerja-kerja Lazismu yang telah menyentuh dan aktif. Dirasa kegiatan bermanfaat seperti ini harus terus dikembangkan. Dan tentu, kolaborasi dengan majelis lembaga harus dibangun dengan baik.

“Termasuk penguatan konsolidasi antara Pimpinan Daerah dengan Lazismu Daerahnya. Saya rasa ini menjadi ukuran bahwa jika sebuah daerah Lazismu nya bergerak, maka pimpinan daerah itu akan berkembang. Oleh karena itu, saya akan terus “ngompori” ketua-ketua di pimpinan daerah se-Jawa Barat agar mendorong Lazismu nya terus bergerak”, ucapnya.

Baca Juga : Lazismu Jabar Goes To Campus, Ajak Mahasiswa Jadi Garda Terdepan Gerakan Filantropi

Chafid Sefriyadi, selaku Ketua BP Lazismu Jawa Barat menyampaikan bahwa tahun ini Lazismu se-Jabar harus bisa focus di Qurban Kemasan. Program qurban kemasan ini merupakan implementasi dari Konsep Islam berkemajuan dan merupakan program nasional untuk Lazismu seluruh Indonesia.

foto : dok. Lazismu Jawa Barat

“Lazismu menawarkan inovasi kurban dengan pengemasan daging kurban menjadi rendangmu. Hal ini dikarenakan mampu bertahan lama sebagai ketahanan pangan seperti darurat bencana, penebaran ke wilayah 3T (daerah terluar, terpencil dan terdalam). Selain itu juga untuk penguatan gizi jika terjadi gizi buruk diwilayah tertentu. Dan insyaallah bisa bertahan 2 tahun”, jelasnya.

Lanjutnya, dalam pelaksanaan kurban nanti Lazismu akan menggandeng seluruh unsur persyarikatan mulai dari PRM, PCM, PDM serta MLO sebagai basis penyaluran kurban. Pasalnya, ini menjadi program sinergi dan memang butuh support dari seluruh pihak.

Baca Juga : Ahmad Dahlan Serukan Kolaborasi Gerakan Dakwah Dan Kemanusiaan Universal

“Basis pendistribusian program ini berdasarkan peta dakwah muhammadiyah yang diturunkan untuk menyasar titik daerah dengan  pertimbangan rawan pangan, rawan akidah, rawan bencana dan daerah pak kumis,” paparnya.

Sementara itu, wakil ketua BP bidang program, Endang Mahbub menyampaikan “Inti dari Rakorsus ini salah satunya untuk menyatukan gerakan qurban se-Jawa Barat sesuai dengan edaran PP Muhammadiyah. Jangan sampai dalam diri organisasi nantinya bergerak sendiri, masing-masing sehingga potensi qurban di Jawa Barat yang sangat besar jadi tidak tercapai” tegasnya.

Dalam Rakorsus ini pun disepakati terkait target qurban kemasan di Jawa Barat sebesar 1 milyar, dan dibreakdown untuk masing masing daerah yang harus dipenuhi dala program qurban tahun ini.

Hadir dalam Rakorsus Qurban kali ini Zainul Muslimin, Bendahara Umum PW Muhammadiyah Jawa Timur dan Aditio perwakilan Lazismu Jawa Timur sebagai narasumber untuk best practice dalam program Qurban kemasan.(CM)

cirebonmu

Recent Posts

Momentum Hari Kebangkitan Nasional untuk Tegakkan Kedaulatan Indonesia

CIREBONMU.COM, YOGYAKARTA - Hari ini 20 Mei 2024 bangsa Indonesia memperingati Kebangkitan Nasional. Kendati peringatan…

12 jam ago

Aisyiyah Lahir Sebagai Pelopor Gerakan Perempuan Islam Berkemajuan

CIREBONMU.COM, SURAKARTA -- Ketua Umum Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah, Haedar Nashir hadiri Resepsi Milad ke-107…

1 hari ago

107 Tahun Aisyiyah Tegaskan Komitmen Perluas Dakwah Kemanusiaan Semesta

CIREBONMU.COM, YOGYAKARTA - “’Aisyiyah Muhammadiyah tidak hanya berdakwah melalui mimbar tetapi melalui aksi nyata dalam…

2 hari ago

Pemuda Muhammadiyah Pulang Pisau Gelar Musyawarah Daerah III

CIREBONMU.COM, PULANG PISAU - Pimpinan Daerah Pemuda  Muhammadiyah (PDPM)  Kabupaten Pulang Pisau menggelar Musyawarah Daerah…

2 hari ago

UMMAD Lakukan Bimtek Setelah Peroleh Hibah APPPTS dari Kemendikbud Ristek Menjadi UMJT

CIREBONMU.COM, MADIUN – Universitas Muhammadiyah Madiun (UMMAD) memperoleh hibah Akselerasi Penggabungan/Penyatuan Perguruan Tinggi Swasta (APPPTS)…

2 hari ago

Terima Mandat dari Aisyiyah Jabar, Reza Arfah Siap Maju Pilwakot Bandung

CIREBONMU.COM, Bandung -- Gelombang dukungan untuk Reza Arfah maju di Pilwalkot Bandung semakin bertambah. Kali…

2 hari ago