Jelang Muktamar, Media Afiliasi Muhammadiyah Gelar UKW di UMS

3
50
foto : Tim Media Afiliasi Muhammadiyah

CIREBONMU.COM, SURAKARTA – Sebanyak 23 wartawan dari media afiliasi Muhammadiyah akan mengikuti Uji Kompetensi wartawan (UKW). Kegiatan tersebut digelar di Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS), 14-15 November 2022.

Ketua Panitia Pelaksana Mukhtarom mengatakan, penyelenggaran UKW merupakan salah satu poin dari rencana tindak lanjut Jambore Media Afiliasi Muhammadiyah yang dihelat pada Juli 2022 lalu.

“Sertifikasi ini adalah bagian dari komitmen kami untuk  meningkatkan kualitas dan kapasitas para wartawan di media afiliasi Muhammadiyah,” katanya.

Mukhtarom menuturkan, UKW angkatan pertama ini dilaksanakan hasil kolaborasi antara MDIndonesia, Kemenag RI, dan Fakultas Ilmu Komunikasi UMS.

Baca Juga : Ketum PP ‘Aisyiyah Lantik Direktur Polita Sumbar, Berharap Perguruan Tinggi ‘Aisyiyah Semakin Bersinar

Menurut dia, ke-23 peserta ini berasal dari media-media afiliasi Muhammadiyah se-Indonesia. Di antaranya dari Samarinda, Makassar, Lampung, Bandung, Jogjakarta, Solo, Magelang, dan Surabaya

“Ada puluhan yang mendaftar ikut UKW, tapi setelah dilakukan verifikasi administratif melalui Dewan Pers, yang lolos 23 wartawan saja,” tegasnya.

Untuk para penguji, imbuh Mukhtarom, berasal dari Lembaga Uji Kompetensi Wartawan Universitas Muhammadiyah Jakarta (UMJ) yang telah diakui Dewan Pers.

Baca Juga : Tempuh Ribuan Kilometer, Pesepeda Muktamar Gowes Menuju Solo

Direktur Utama MDIndonesia Budi Santoso menegaskan, UKW Media Afiliasi Muhammadiyah diselenggarakan untuk menyemarakkan Muktamar Ke-48 Muhammadiyah dan Aisyiyah di Surakarta, 19-20 November 2022.

“Dalam sejarahnya, belum pernah ada kegiatan seperti ini yang diadakan di lingkungan Muhammadiyah,” tandas dia.

Menurut dia, adanya UKW ini sangat penting dan strategis bagi media-media afiliasi Muhammadiyah agar bisa naik kelas.

Baca Juga : Haedar Nashir Ungkap Lima Agenda Muktamar ke 48

Melalui UKW, timpal Budi, para wartawan yang bergabung di media afiliasi Muhammadiyah akan memiliki kecakapan, ketrampilan, serta mampu menerapkan standar jurnalistik dalam menjalankan profesinya.

“UKW akan menjadi agenda periodik. Bahkan untuk batch kedua, beberapa perguruan tinggi Muhammadiyah menyatakan siap sebagai tuan rumah UKW Media Afiliasi Muhammadiyah,” ungkapnya. (yan/rilis)

Sumber : Media Afiliasi Muhammadiyah

www.cirebonmu.com

Berita Terkait :

Media Afiliasi Muhammadiyah Harus Lebih Kekinian, Ini Saran Najwa Shihab

Ini Peran Penting Media Afiliasi Muhammadiyah di Perhelatan Muktamar

Pegiat Media Afiliasi Muhammadiyah Wajib UKW

Jambore Media Afiliasi Muhammmadiyah Ciptakan Sejarah

3 KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini