Kembangkan Kewirausahaan, SMKF Muhammadiyah 2 Kedawung Siapkan Lulusan Mandiri

0
608

Cirebon, CM – SMK Farmasi Muhammadiyah 2 Kedawung, salah satu amal usaha bidang pendidikan di lingkungan PDM. Kabupaten Cirebon terus meningkatkan kompetensi siswa-siswinya untuk menyiapkan lulusan yang mandiri. Hal ini diungkapkan Kepala SMK Farmasi Muhammadiyah Kedawung, Gita Marthalia, M. Pd. I, saat dihubungi cirebonmu, Kamis (5/10/23).

Miss Gita, sapaan akrabnya, menyampaikan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila atau P5 merupakan Projek yang wajib dilakukan oleh Satuan Pendidikan yang menggunakan Kurikulum Merdeka. Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) ini merupakan bagian dari Struktur Kurikulum Merdeka yang telah diluncurkan oleh Kemendikbudristek. Sebagai pelaksana Implementasi Kurikulum Merdeka dengan jalur Mandiri Berubah, SMK Farmasi Muhammadiyah 2 Kedawung melaksanakan p5 dengan tema “Kewirausahaan”. Pendidikan kewirausahaan dianggap sangat penting untuk memberikan kesempatan bagi siswa menjadi pribadi yang inovatif, kreatif, mandiri, dan menjadi pemimpin yang mampu menghadapi tantangan.

Kembangkan Kewirausahaan, SMKF Muhammadiyah 2 Kedawung Siapkan Lulusan Mandiri CirebonMU

SMK Farmasi Muhammadiyah 2 Kedawung melaksanakan program p5 berkolaborasi dengan sanggar herbal, dimana sanggar herbal adalah salah satu program ekstrakulikuler unggulan yang ada di SMK Farmasi Muhammadiyah 2 Kedawung. Dalam kegiatan ekstrakulikuler tersebut selain diberikan materi tentang kewirausahaan, siswa juga dibekali materi tentang khasiat dan manfaat tanaman herbal yang ada di sekeliling kita dan dikombinasikan dengan makanan atau minuman kekinian.

Produk yang dibuat yaitu ekstrak jahe, coklat kencur, susu kunyit, pudding jelly daun manga dan cookies jahe.  Antusias siswa SMK Farmasi Muhammadiyah 2 Kedawung sangat terlihat, terutama siswa kelas X yang memang baru mengenal sanggar herbal.

Kembangkan Kewirausahaan, SMKF Muhammadiyah 2 Kedawung Siapkan Lulusan Mandiri CirebonMU
Si Wedang salah satu produk yang dikembangkan siswa dalam Sanggar Herbal SMKF Muhammadiyah Kedawung.

Tahap pertama yaitu siswa mencari bahan baku simplisia atau tanaman herbal yang akan dijadikan sebagai bahan utama pembuatan produk. Lalu produk tersebut dibuat berdasarkan pembagian tugas dari Pembina. Dalam proses nya Pembina menjelaskan khasiat dan manfaat dari tanaman herbal. Tahap selanjutnya yaitu pengemasan, setelah dikemas produk produk tersebut siap di pasarkan di daerah sekitar sekolah dan masyarakat terdekat.

Ade Irfan Syafputra, S.Farm, pembina Sanggar Herbal SMK Farmasi Muhammadiyah 2 Kedawung berharap kegiatan p5 dengan tema Kewirausaan ini mampu  mempersiapkan lulusan menjadi mandiri, mempunyai jiwa enterprener dan mampu berkontribusi pada pembangunan ekonomi. (yan)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini