Kolaborasi Aksi Kemanusiaan Muhammadiyah bersama Humanitarian Forum Indonesia

0
192
Milad Humanitarian Forum Indonesia (HFI) ke-15 pada Rabu (30/08)

Jakarta, CM  – Muhammadiyah Disaster Management Center (MDMC) hadir sebagai tamu undangan dan pemateri diskusi panel dalam perayaan Milad Humanitarian Forum Indonesia (HFI) ke-15 pada  Rabu (30/08). HFI adalah perkumpulan bagi organisasi dan lembaga yang berbasis agama dan fokus pada kegiatan kemanusiaan dan pembangunan.

Adapun kolaborasi antara MDMC dengan HFI ini telah terjalin sejak 2008 lalu dalam aksi-aksi kemanusiaan baik di tingkat nasional atau internasional. “Perjalanan 15 tahun HFI menjadi sebuah kemajuan yang patut diapresiasi karena hal ini menunjukkan bahwa kolaborasi antar lintas agama dalam aksi kemanusiaan dapat terjalin secara efektif dan berkelanjutan,” ujar Ketua MDMC PP Muhammadiyah, Budi Setiawan, S.T.

Hal tersebut juga sejalan dengan misi keterlibatan MDMC sebagai salah satu pendiri HFI bahwa penyatuan kerjasama antar organisasi lintas agama itu mempermudah aksi kemanusiaan dan advokasi penanggulangan bencana di level nasional maupun global.

Kolaborasi Aksi Kemanusiaan Muhammadiyah bersama Humanitarian Forum Indonesia CirebonMU

Lebih lanjut Budi Setiawan menjelaskan bahwa organisasi keagamaan memiliki peran penting dalam kerja kemanusiaan, seperti bencana dan konflik sosial, khususnya di Indonesia yang cenderung berbudaya sosial yang berkiblat terhadap agama.

Budi Setiawan juga menjelaskan bahwa diskusi panel yang berlangsung pada Rabu kemarin menjadi wadah diskusi bagi 19 organisasi yang tergabung di HFI untuk membahas rencana 15 tahun kedepan.

“Bagaimana 15 tahun ke depan, apa kira-kira yang akan direncanakan HFI, kita harus berpikir dengan lebih baik karena tantangan ke depan terkait hubungan kemanusiaan maupun lingkungan, karena saat ini lingkungan juga sudah menjadi masalah yang serius. Kemudian kami semua sepakat untuk mempererat hubungan antar organisasi dengan melakukan join need assement, join protocol (SOP), pelokalan di tingkat global,” tutupnya. (yan)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini