Berita

MDMC SALURKAN BANTUAN DARI SINGAPURA KEPADA 1000 KK DI LERENG MERAPI MAGELANG

MAGELANG, CM – . MDMC bersama Humanity Matters dan Temasek Foundation Singapura menyerahkan bantuan kepada 1000 KK yang tersebar di 17 desa di lereng Merapi Magelang. Kegiatan ini diadakan di dua tempat yaitu di Balai Desa Kradenan, Kec. Srumbung dan di Klinik Pratama Aisyiyah Siti Khadijah Salam, Krakitan, Kidul, Sucen, Kec. Salam, Kabupaten Magelang Jawa Tengah. Sebagaimana disampaikan Wakil Sekretaris LRB PP Muhammadiyah, Budi Santoso, pada Selasa (28/3).

Penyerahan bantuan ini dihadiri oleh perwakilan Humanity Matters Hassan Ahmad, Dinas PUPR, Dinas Kesehatan dan BPBD Kabupaten Magelang, serta unsur Pimpinan Wilayah Muhammadiyah Jawa Tengah dan Pimpinan Daerah Muhammadiyah Kabupaten Magelang.
Bantuan yang diberikan berupa alat pengolah air minum yang dipasang di balai Desa Kradenan untuk 1000 KK., alat Oxygen Concerator sebagai layanan pusat oksigenasi untuk masyarakat ketika erupsi Merapi terjadi yang diserahkan kepada BKIA Aisyiyah Siti Khadijah Salam, Magelang, dan Poliklinik Desa Kradenan di kabupaten Magelang.

Dalam sambutannya Rahmawati Husein selaku Dewan Pakar MDMC menyatakan bahwa kerjasama MDMC dengan Humanity Matters kali ini untuk kesiapsiagaan Erupsi gunung Merapi. “Bentuk kesiapsiagaan untuk erupsi Merapi ini dengan memberikan bantuan berupa alat penyulingan air, oksigenator :2 di Dinas Kesehatan, 4 diserahkan ke Muhammadiyah di BKIA. Saya berharap kerja sama ini dengan Humanity Maters bisa terus berkelanjutan”.

Temasek Foundation telah bekerjasama dengan Muhamadiyah dalam kurun waktu yang cukup lama. Temasek juga membantu Indonesia melalui Muhammadiyah sebesar SGD 2.000.000 yang diberikan untuk fasilitas-fasilitas kesehatan yang dikelola oleh Muhammadiyah di seluruh Indonesia melalui MCCC PP Muhamadiyah.

Proses masuknya bantuan dari Humanity Matters dan Temasek Foundation ini juga dipermudah dengan adanya bantuan Vooruitslag Hibah dari Bea Cukai Yogyakarta. Vooruitslag adalah pengeluaran barang impor untuk dipakai dengan menggunakan jaminan. Fasilitas kepabeanan ini diberikan sesuai Peraturan Menteri Keuangan nomor PMK : 69/PMK.04/2012 tanggal 07 Mei 2012 tentang Pembebasan Bea Masuk dan/atau Cukai atas Impor Barang Kiriman Hadiah/Hibah untuk Kepentingan Penanggulangan Bencana Alam. (Yan/rilis)
Sumber : LRB PP Muhammadiyah

cirebonmu

View Comments

Recent Posts

Momentum Hari Kebangkitan Nasional untuk Tegakkan Kedaulatan Indonesia

CIREBONMU.COM, YOGYAKARTA - Hari ini 20 Mei 2024 bangsa Indonesia memperingati Kebangkitan Nasional. Kendati peringatan…

3 jam ago

Aisyiyah Lahir Sebagai Pelopor Gerakan Perempuan Islam Berkemajuan

CIREBONMU.COM, SURAKARTA -- Ketua Umum Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah, Haedar Nashir hadiri Resepsi Milad ke-107…

1 hari ago

107 Tahun Aisyiyah Tegaskan Komitmen Perluas Dakwah Kemanusiaan Semesta

CIREBONMU.COM, YOGYAKARTA - “’Aisyiyah Muhammadiyah tidak hanya berdakwah melalui mimbar tetapi melalui aksi nyata dalam…

2 hari ago

Pemuda Muhammadiyah Pulang Pisau Gelar Musyawarah Daerah III

CIREBONMU.COM, PULANG PISAU - Pimpinan Daerah Pemuda  Muhammadiyah (PDPM)  Kabupaten Pulang Pisau menggelar Musyawarah Daerah…

2 hari ago

UMMAD Lakukan Bimtek Setelah Peroleh Hibah APPPTS dari Kemendikbud Ristek Menjadi UMJT

CIREBONMU.COM, MADIUN – Universitas Muhammadiyah Madiun (UMMAD) memperoleh hibah Akselerasi Penggabungan/Penyatuan Perguruan Tinggi Swasta (APPPTS)…

2 hari ago

Terima Mandat dari Aisyiyah Jabar, Reza Arfah Siap Maju Pilwakot Bandung

CIREBONMU.COM, Bandung -- Gelombang dukungan untuk Reza Arfah maju di Pilwalkot Bandung semakin bertambah. Kali…

2 hari ago