Muhammadiyah Jawa Barat Siap Bersinergi Atasi Masalah Sampah

0
486
Ketua Pimpinan Wilayah Muhammadiyah (PWM) Jawa Barat Prof Dr H Ahmad Dahlan MAg bersama Pj. Gubernur Jawa Barat Bey Machmudin

Cirebonmu, Bandung – Ketua Pimpinan Wilayah Muhammadiyah (PWM) Jawa Barat Prof Dr H Ahmad Dahlan MAg menegaskan komitmennya untuk bekerja sama dan mendukung langkah strategis Pejabat Gubernur Jawa Barat Bey Machmudin untuk menyelesaikan persoalan sampah.

“Tadi Pak Pj Gubernur menyampaikan ajakan kepada kami untuk menjadi bagian penting dari gerakan mengelola sampah agar persoalan sampah di Bandung dan di berbagai daerah di Jawa Barat dapat tertangani dengan baik,” tegas Ahmad Dahlan usai bersilaturahim dengan Pj Gubernur Jawa Barat Bey Machmudin di Gedung Sate, Kota Bandung, pada Rabu (18/10/2023).

Sejumlah langkah akan dilakukan, mulai dari gerakan memilah dan memilih sampah organik dan non organik di lingkungan amal usaha Muhammadiyah, kantor persyarikatan Muhammadiyah, juga lingkungan tempat tinggal pimpinan dan kader Muhammadiyah.

Selain itu, akan diedarkan juga surat gerakan dakwah mengelola sampah kepada 27 Pimpinan Daerah Muhammadiyah (PDM) se-Jawa Barat. “Agar itu diindahkan dan diteruskan ke tingkat Pimpinan Cabang dan Pimpinan Ranting Se Jawa Barat,” tegasnya.

Muhammadiyah Jawa Barat, lanjut Ahmad Dahlan, akan menjadikan isu penanganan sampah sebagai bentuk langkah gerakan dakwah yang memajukan dan mencerahkan.

Muhammadiyah Jawa Barat Siap Bersinergi Atasi Masalah Sampah CirebonMU

Lebih lanjut, Ahmad Dahlan menegaskan, kontribusi Muhammadiyah Jawa Barat kepada pemerintah provinsi dan masyarakat Jawa Barat tidaklah kecil. Saat ini, ada 70 ribuan mahasiswa yang dilayani  melalui 18 Perguruan Tinggi Muhammadiyah dan Aisyiyah (PTMA).

“Di Jawa Barat ada 18 perguruan tinggi yang kami kelola. Antara lain Universitas Muhammadiyah Tasikmalaya, Universitas Muhammadiyah Cirebon, Universitas Muhammadiyah Sukabumi, Universitas Muhammadiyah Bogor Raya, dan Universitas Muhammadiyah Bandung, juga berbagai institut sekolah tinggi. Ini lagi bentuk konkret layanan dakwah pendidikan tinggi kami,” jelasnya.

Dari sisi layanan pendidikan dasar, menengah, dan formal, ada 875 sekolah dan madrasah yang melayani  80 ribuan siswa di Jawa Barat. “Belum lagi panti asuhan, poliklinik, dan rumah sakit. Ini bentuk nyata dakwah melalui Amal Usaha Muhammadiyah yang dipersembahkan Muhammadiyah bagi warga Jawa Barat tanpa memandang suku agama, ras, dan golongan,” tegasnya.

Dalam kesempatan tersebut, Ahmad Dahlan juga menyampaikan komitmennya untuk bekerja sama dengan pemerintah provinsi dan berbagai pemangku kepentingan demi kemajuan Jawa Barat. (YAN/FA)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini