Muhammadiyah Mamuju Gelar Orientasi Kader Aksi Bergizi Sehat Berkemajuan

1
173

Cirebonmu, Mamuju  —  Persyarikatan Muhammadiyah melalui Majelis Pembinaan Kesehatan Umum telah membangun Kemitraan dengan Kementerian Kesehatan melalui Direktorat Promosi Kesehatan Direktorat Jenderal Kesehatan Masyarakat berupa Gerakan Aksi Bergizi Sehat Berkemajuan. Kegiatan ini dilakukan pada Rabu-Kamis (15-16/11 /23) di gedung Muhammadiyah Boarding School (MBS), Kabupaten Mamuju, Provinsi Sulawesi Barat. Kegiatan ini merupakan rangkaian kegiatan Aksi Bergizi Sehat Berkemajuan (ABSB) yang merupakan kerjasama/kemitraan Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah melalui MPKU (Majelis Pembina Kesehatan Umum) PP Muhammadiyah dengan Direktorat Promosi Kesehatan dan Pemberdayaan Masyarakat Kemenkes RI.

Aksi Bergizi Sehat Berkemajuan merupakan salah satu kegiatan promosi kesehatan dan pemberdayaan masyarakat dalam upaya penurunan stunting di Sekolah. Madrasah maupun Pondok Pesantren Muhammadiyah di 4 (empat) provinsi di Indonesia, yaitu Sumatera Utara, Jawa Barat, Sulawesi Selatan, dan Sulawesi Barat melalui beberapa kegiatan yaitu gerakan meningkatkan cakupan konsumsi Tablet Tambah Darah (TTD) pada remaja putri di Sekolah, Madrasah dan Pesantren Muhammadiyah yang dilakukan setiap minggu yang terdiri dari 4 aktivitas yaitu sarapan sehat halalan thayibban, aktifitas fisik dengan senam bersama, minum TTD, dan edukasi kesehatan.

Kegiatan diawali dengan laporan Wakil Ketua MPKU Pengurus Pusat Muhammadiyah yaitu ibu Dr. Emma Rachmawati, M.Kes. sekaligus memperkenalkan Tim dari Pusat yang terdiri dari Bapak Hermawan Saputra, Bapak Unang Rahmat, Ibu Yuniar Wardani, Ibu Nurfadilah dan Ibu Eka Wulandari, dilanjutkan dengan sambutan dalam permulaan kegiatan disampaikan oleh perwakilan Dinas Kesehatan Provinsi Sulawesi Barat yaitu bapak Wawan Iskandar, SKM., M.Kes serta sambutan sekaligus pembukaan resmi kegiatan oleh Pimpinan Wilayah Muhammadiyah (PWM) Sulawesi Barat yang membidangi MPKU, Bapak Firman, MPd.I

Muhammadiyah Mamuju Gelar Orientasi Kader Aksi Bergizi Sehat Berkemajuan CirebonMU

Bapak Firman, M. Pd.I Wakil Ketua Pimpinan Wilayah Muhammadiyah (PWM) Provinsi Sulawesi Barat dalam sambutannya menekankan bahwa isu kesehatan di Kabupaten Mamuju menjadi priorirtas Pemerintah Daerah terutama berkaitan dengan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat, Sanitasi dan Air Bersih hingga persoalan Kemiskinan dan Angka Putus Sekolah tinggi yang erat kaitannya dengan kejadian Stunting. Menurut Wakil Ketua bidang IV MPKU PP Muhammadiyah dalam sambutannya menyatakan bahwa sehat merupakan sesuatu yang berharga, bagian dari nikmat Tuhan Allah SWT yang wajib disyukuri. Oleh karena itu Muhammadiyah terus berjuang bersama dengan pemerintah dan berbagai pihak lain untuk mencegah stunting melalui remaja putri, dengan konsumsi TTD, sarapan sehat dengan isi piringku sehingga nantinya remaja-remaja ini tumbuh menjadi dewasa dan setelah berkeluarga dapat melahirkan generasi-generasi sehat bebas masalah gizi.

Aksi Bergizi Sehat Berkemajuan ini diikuti oleh peserta dari berbagai puskesmas yang berasal dari Kabupaten Mamuju, Majene dan Polewali Mandar, turut hadir juga perwakilan dari Bidang Promosi Kesehatan Dinas Kesehatan Provinsi Sulawesi Barat dan Dinas Kesehatan Kabupaten Mamuju. Adapun Komite (wali murid), Guru dan Siswa/siswi Muhammadiyah mewakili berbagai lembagai pendidikan seperti SMP Muhammadiyah Mamuju, SMP Muhammadiyah Wonomulyo, MTs Muhammadiyah Pelattoang, SMA Muhammadiya Mamuju, SMK Muhammadiyah Mamuju, SMK Muhammadiyah Wonomulyo, SMK Muhammadiyah Topoyo, Pondok Pesantren MBS At-Tanwir Muhammadiyah Mamuju, Pondok Pesantren MBS Topoyo. Mewakili Pengurus Daerah Muhammadiyah (PDM) Kabupaten Mamuju, Bapak Muhammad Rifa’i, MPd senantiasa membersamai rombongan Tim Swakelola (dari MPKU pusat) sejak awal kedatangan dan kembali setelah selesainya kegiatan.

Rangkaian kegiatan Aksi Bergizi Sehat Berkemajuan ini diikuti dengan perilaku yang ceria, riang dan bahagia. Para Fasilitator (Tim Swakelola) lokal cukup sigap dalam mengoordinasikan, memobilisasi dan mendorong semangat peserta dalam mengikuti berbagai tahapan kegiatan mulai pembukaan, pengantar umum dan penjelasan kegiatan hingga acara utama berupa rollplay, dinamika kelompok, edukasi gizi kesehatan masyarakat, senam bugar Muhammadiyah, hingga penyusunan RTL (Rencana Tindak Lanjut) masing-masing sekolah. Upaya untuk menjaga keberlanjutan program pemberian TTD, makan bersama (isi piringku) untuk stimulasi gizi hingga lomba aksi bergizi sehat berkemajuan juga didiskusikan dalam penyusunan RTL. Akhir dari kegiatan di tutup dengan pengumuman yel-yel kelompok terbaik, pemberian penghargaan dan apresiasi atas semangat tim hingga foto bersama dan seremoni penutup yang cukup khidmat, tetap semarak. (yn)

Sumber : Tim Swakelola MPKU Mamuju

1 KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini