Muhammadiyah Pulang Pisau Sukses Gelar Festival Pustaka Muhammadiyah 2023

1
424

CIREBONMU, PULANG PISAU —  Festival Pustaka Muhammadiyah  tahun 2023 sukses digelar di Pusat Dakwah Muhammadiyah Pulang Pisau Kalimantan Tengah pada Sabtu (9/12) lalu.  Kegiatan Festival Pustaka Muhammadiyah berlangsung sangat meriah , dan terdapat beberapa agenda utama,  yaitu : Wakaf Buku,  Workshop Penulisan Sejarah Muhammadiyah lokal dan inventarisasi heritage.

Kegiatan ini digelar dalam rangka Semarak Milad ke-111  Muhammadiyah  dan menggelorakan kembali semangat literasi , serta meningkatkan pengetahuan tentang sejarah Muhammadiyah lokal Kalimantan Tengah yang diselenggarakan  oleh Majelis Pustaka dan Informasi (MPI) Pimpinan Pusat Muhammadiyah bekerjasama dengan Majelis Pustaka dan Informasi (MPI) Pimpinan Daerah Muhammadiyah (PDM) Pulang Pisau 

Muhammadiyah Pulang Pisau Sukses Gelar Festival Pustaka Muhammadiyah 2023 CirebonMU

Hadir dari Pimpinan Pusat Muhammadiyah,  Wakil Ketua MPI PP  Muhammadiyah bidang Museum, Kearsipan dan Pustaka Wiwied Widyastuti bersama anggota MPI , Iwan KC Setiawan , Ghifari Yuristiadhi, dan Muhammad Ichsan Budi Prabowo dan sekaligus sebagai pemateri workshop penulisan sejarah Muhammadiyah dan inventarisasi heritage.

Turut hadir dalam acara pembukaan Festival Pustaka, Pimpinan Wilayah Muhammadiyah Kalimantan Tengah (PWM Kalteng), Pimpinan Wilayah Aisyiyah Kalimantan Tengah (PWA Kalteng), PDM Pulang Pisau dan jajaran pimpinan daerah dan Majelis,  Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Daerah Pulang Pisau, Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Pulang Pisau, Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Pulang Pisau, Ketua MUI, Ketua PC Nahdlatul Ulama, Organisasi keagamaan dan organisasi  Masyarakat, para Kepala sekolah di kabupaten Pulang Pisau,mahasiswa Universitas Muhammadiyah,  Komunitas taman baca dan  pegiat literasi Kabupaten Pulang Pisau, perwakilan dari Pimpinan Cabang Muhammadiyah dan Aisyiyah se-Pulang Pisau, pimpinan ortom amal usaha  dan semua peserta Workshop penulisan sejarah Muhammadiyah.

Muhammadiyah Pulang Pisau Sukses Gelar Festival Pustaka Muhammadiyah 2023 CirebonMU
Najmuddin S.Ag, MH Ketua PDM Pulang Pisau

Ketua PDM Pulang Pisau Najmuddin  S.Ag, M.H bersyukur hari ini dapat  dilaksanakan peringatan Milad ke-111  Muhammadiyah  dan berbangga, PDM Pulang Pisau  dengan Majelis Pustaka dan Informasi diberi kesempatan melaksanakan kegiatan festival pustaka Muhammadiyah yang merupakan kegiatan yang  langka , mungkin di seluruh Indonesia hanya dilaksanakan beberapa kali. Ia berterimakasih kepada MPI PP Muhammadiyah, diadakannya  kegiatan pustaka  dalam rangka milad  Muhammadiyah diantaranya wakaf buku dan penulisan Sejarah Muhammadiyah lokal.

” Kami mengajak,  mari terus kita giatkan memajukan Muhammadiyah serta berkhidmat dalam mengemban amanah Pimpinan Daerah Muhammadiyah dan semua unsur-unsur pimpinan dan majelis-majelis semuanya, mari kita jangan sampai sibuk sendiri dan tenggelam dalam tatanan eksekutif kita,  sehingga dengan kesibukan,  kita kehilangan konsentrasi untuk berorganisasi. Sisihkan waktu untuk Muhammadiyah janban menyisakan waktu”  ajak Najmuddin.

Wakil Ketua Pimpinan Wilayah Muhammadiyah Kaleng Prof. Dr Abdul Qodir, M.Pd mengapresiasi diadakannya Festival Pustaka ini, dan mengatakan acara ini adalah acara langka di wilayah Kalimantan Tengah,  yang mungkin belum pernah diadakan di lingkungan Muhammadiyah Kalteng,  Terkait wakaf buku, Kita juga bisa menjalin kerjasama dengan lembaga-lembaga lain seperti Perguruan tinggi ,  para tenaga pendidik, untuk dapat memberikan koleksi buku-bukunya atau karyanya baik fisik maupun dalam bentuk pdf, seiring perkembangan informasi, karya tersebut juga bisa diakses oleh mahasiswa di kampus Muhammadiyah Pulang Pisau, atau  mahasiswa di kampus-kampus  lain.

Sementara itu Wakil Ketua MPI PP Muhammadiyah Wiwied Widyastuti , S.S., M.Hum dalam sambutannya mengatakan bahwa  Festival Pustaka Muhammadiyah menjadi coaching class pertama dalam periode tahun 2023, yang nantinya diharapkan akan dapat dilaksanakan di beberapa wilayah Indonesia.

Ia berharap dengan adanya kegiatan ini dapat meningkatkan literasi dan semangat kita untuk menuliskan sejarah Muhammadiyah. Sejarah lokal Muhammadiyah harus mulai  didokumentasikan dan ditulis,  agar puzzle-puzzle Muhammadiyah seluruh Indonesia bisa kita dapatkan. (yn/bonnie)

1 KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini