Muhammadiyah – Unicef Kolaborasi Tingkatkan Capaian Vaksinasi dan Lawan Hoax Kesehatan

1
47

Jakarta, CM – Muhammadiyah berkolaborasi lintas sektor di internal dan pihak eksternal untuk mengupayakan peningkatan capaian vaksinasi COVID-19 dan akses layanan kesehatan esensial pada ibu dan anak. Termasuk di antaranya adalah imunisasi rutin lengkap yang cakupannya masih rendah karena terdampak pandemi.  Kolaborasi ini terangkum pada Workshop dan Koordinasi Nasional RCCE MPKU di Ibis Styles Tanah Abang Jakarta, Sabtu (10/9/2022).

Risk Communication and Community Engagement (RCCE) merupakan program Majelis Pembina Kesehatan Umum (MPKU) PP Muhammadiyah yang bertujuan mendukung program imunisasi dan mencegah penyebaran hoax seputar kesehatan. Pada Workshop dan Koordinasi Nasional ini, MPKU PP Muhammadiyah mengkolaborasikan lintas bidang mulai dari kesehatan, pendidikan, sosial, ekonomi, filantropi, dan kepemudaan dalam mengupayakan penguatan kelembagaan dan kapasitas kader untuk strategi komunikasi perubahan perilaku sosial.

Communication Specialist UNICEF Indonesia Rizky Ika Safitri menyampaikan baiknya kerja sama UNICEF dengan Muhammadiyah. Terlebih lagi, dalam upaya perubahan perilaku masyarakat perlu kolaborasi banyak pihak. “Terima kasih kepada Muhammadiyah telah berkolaborasi selama pandemi. RCCE MPKU ini adalah hasil kerja bareng Unicef & Muhammadiyah,” tukas Kiki

Wakil Ketua MPKU PP Muhammadiyah Esty Martiana Rachmie menceritakan bahwa Muhammadiyah telah banyak berperan selama dua tahun terjadinya pandemi. Namun, Muhammadiyah tidak berhenti pada upaya-upaya kuratif (penyembuhan). “Muhammadiyah juga banyak melakukan kegiatan promotif preventif, termasuk salah satunya RCCE MPKU CC ini,” kata Esty.

Muhammadiyah - Unicef Kolaborasi Tingkatkan Capaian Vaksinasi dan Lawan Hoax Kesehatan CirebonMU

Program RCCE MPKU menyasar delapan regional se-Indonesia, yaitu Medan, Deli Serdang, DKI Jakarta, Bandung, Pekalongan, Semarang, Surabaya, dan Makassar. Pada workshop ini, penggerak RCCE MPKU di setiap regional menjadi fasilitator dengan peserta dari majelis, lembaga, dan organisasi otonom Muhammadiyah tingkat pusat.

Dengan diikuti oleh majelis, lembaga, dan organisasi otonom Muhammadiyah, diharapkan program RCCE MPKU makin dapat diterima oleh masyarakat lintas sektor. Pesan-pesan tentang pentingnya 3M, imunisasi, dan pengetahuan tentang hoax juga perlu disebarluaskan oleh setiap aktor yang terlibat dalam kegiatan ini. Sehingga bermuara pada pencapaian imunisasi dan masyarakat yang makin paham akan informasi seputar kesehatan. (rilis)

Sumber : MPKU PP Muhammadiyah / Nabhan Mudrik Alyaum

1 KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini