Musyda Ke-3 Muhammadiyah Aisyiyah Kabupaten Cirebon Siap Digelar

0
531
Konferensi Pers Panitia Musyda ke-3 Muhammadiyah Aisyiyah Kabupaten Cirebon di Aula Masjid Raya UMC, Selasa 18 Juli 2023. (cirebonmu.com)

CIREBON, CM – Musyawarah Daerah (Musyda) ke-3 Muhammadiyah dan Aisyiyah Kabupaten Cirebon siap digelar pada, Sabtu-Ahad, 22-23 Juli 2023.

Hal itu dikemukakan Ketua Steering Committee (SC) Musyda ke-3 Muhammadiyah dan Aisyiyah Kabupaten Cirebon, Novan Hardiyanto, MM, saat konferensi pers bersama Organizing Committee (OC) dan Ketua OC Musyda Aisyiyah, Sri Ratna Istiqomah, di Aula Masjid Raya UMC, Selasa 18 Juli 2023.

Menurut Novan, Musyda ke-3 Muhammadiyah dan Aisyiyah Kabupaten Cirebon ini mengusung tema “Memajukan Kabupaten Cirebon,  Mencerahkan Jawa Barat”  selaras dengan tema Muktamar ke-48 Muhamadiyah yaitu “Memajukan Indonesia Mencerahkan Semesta”.

“Musyda ke-3 Muhammadiyah Aisyiyah Kabupaten Cirebon insyaallah akaan dibuka dan dihadiri Bupati Cirebon, Bapak Imron, Mag dan dihadiri sejumlah undangan seperti dari unsur Pimpinan Wilayah Muhammadiyah Jawa Barat, Pimpinan Daerah Muhammadiyah se-Ciayumajakuning, Pimpinan MUI, dan Pimpinan ormas Islam di Kabupaten Cirebon,” ujar Novan.

Dalam kesempatan itu, Ketua Panitia Pelaksana (OC), Imam Syapi’i menuturkan, rangkaian kegiatan Musyda ke-3 Muhammadiyah dan Aisyiyah Kabupaten Cirebon diawali pawai yang diikuti 2000 peserta.

“Pawai akan dilaksanakan pada Jumat 21 Juli pukul 07.30 WIB dengan jumlah peserta sekitar 2000 orang yang terdiri dari unsur pimpinan daerah, pimpinan cabang, dan amal usaha Muhammadiyah (AUM) se-Kabupaten Cirebon,” kata Imam Syapi’i.

Pada hari yang sama, lanjut Imam, akan digelar Musyawarah Pimpinan Daerah (Musypimda) untuk memilih calon tetap pimpinan daerah Muhammadiyah Kabupaten Cirebon periode 2022-2027.

Musyda Ke-3 Muhammadiyah Aisyiyah Kabupaten Cirebon Siap Digelar CirebonMU

Imam menjelaskan, dalam masa penjaringan panitia pemilihan (panlih) mendapat usulan 73 nama yang dicalonkan. Dari 73 nama yang terjaring, kata Imam, sebanyak 49 orang menyatakan bersedia dicalonkan, 24 nama tidak bersedia dan tidak mengumpulkan berkas kesediaan.

“Dari 49 nama itu setelah dilakukan verifikasi 44 nama memenuhi syarat untuk ditetapkan menjadi bakal calon. Pada Musypimda tersebut, 44 bakal calon akan dipilih 39 nama untuk dijadikan calon tetap. Nanti dalam Musyda 39 nama ini akan dipilih 13 orang untuk menjadi Pimpinan Daerah Muhammadiyah Kabupaten Cirebon periode 2022-2023,” katanya. 

Dalam kesempatan ini juga, Chafid Sefriyadi, Sekretaris OC, menyampaikan permohonan maaf kepada warga sekitar wilayah Sumber yang nanti dilewati oleh peserta pawai merasa terganggu aktifitasnya karena kegiatan pawai ini.

Sementara itu, Ketua OC Aisyiyah, Sri Ratna Istiqomah, menyampaikan rangkaian kegiatan Musyawarah Daerah Aisyiyah dilaksanakan terpisah dengan Musyawarah Daerah Muhammadiyah, dan pelaksanaannya lebih sederhana. Selain itu dalam musyda kali ini membahas 9 isu diantaranya masalah stunting, Pemilu, Peningkatan ekonomi perempuan, dan isu lainnya. (yan)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini