Musywil XXI Muhammadiyah Jabar, Ini Tahapan Kegiatan dan Acaranya

1
181

CIREBON, CM – Sebanyak 20 ribu warga Muhammadiyah Se Jawa Barat diperkirakan akan menghadiri pembukaan kegiatan Musyawarah Wilayah (Musywil) Muhammadiyah Jawa Barat ke 21 yang rencananya akan dilaksanakan pada Sabtu (25/2/2023).
Ketua Steering Committee (SC) Musywil ke 21 Muhammadiyah Jabar, Rafani Achyar mengatakan, rangkaian kegiatan dalam Muswil ke 21 sudah dilakukan sejak Rabu (22/2) kemarin, di UMC.
“Kegiatan tahapan Muswil sudah dilaksanakan sejak kemarin. Dimana kegiatan awal tersebut adalah Musyawarah Tarjih, dalam musyawarah ini dibahas tentang keagamaan dan membahas isu strategis nasional khususnya masalah keagamaan,” ujar Rafani, saat konferensi pers yang dilaksanakan disalah satu tempat dikawasan Kedawung, Kabupaten Cirebon, Kamis (23/2/2023).

Baca juga : Harapan Pimpinan Daerah Muhammadiyah Kabupaten Cirebon atas Pembangunan Perumahan Persyarikatan GriyaMu
Rafani mengatakan, kegiatan selanjutnya adalah Musyawarah Pimpinan Wilayah (Musypimwil). Dalam Musypimwil ini dibahas terkait pengesahan jadwal acara, rekomendasi-rekomendasi dan juga pengumuman seleksi calon pengurus PWM Jawa Barat.
“Musywil ini adalah salah satu agenda organisasi yang sudah ditetapkan dalam AD dan ART. Dan mekanisme ini sudah dijalankan secara sistematik dan terstruktur,” katanya.
Untuk kegiatan pembukaan Musywil, lanjut Rafani, akan dipusatkan di Stadion Rangga Jati Sumber, pada Sabtu (25/2/2023) yang akan datang. Dimana pada pelaksanaan pembukaan Musywil nanti, rencananya akan dihadiri oleh Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan, Muhadjir Effendy.
“Selain itu sejumlah tokoh Jawa Barat seperti Gubernur Jawa Barat, Kapolda, Pangdam dan juga Kemenag Jawa Barat juga direncanakan akan menghadiri acara pembukaan tersebut, termasuk Ustad Adi Hidayat,” katanya.
Selain tokoh penting, menurut Rafani, Musywil kali ini juga akan dihadiri tim penggembira yang merupakan warga Muhammadiyah se-Jawa Barat. Berdasarkan informasi yang sudah dihimpun pihaknya, diprediksi jumlah penggembira yang akan menghadiri pembukaan acara Musywil sebanyak 20 ribu orang.
“Kami sudah melakukan konfirmasi kepada beberapa pimpinan daerah, kalau semua PDM se-Jawa Barat akan banyak mengirim orang ke acara pembukaan. Jadi Sumber pada hari Sabtu nanti akan banyak bus yang datang, untuk itu kami meminta maaf kepada warga masyarakat kalau aktivitasnya nanti terganggu,” ujarnya.

Baca juga : Panitia Musywil Muhammadiyah Rakor Bareng Polresta Cirebon
Selain itu ditambahkan Rifani, pada pembukaan Musywil nanti juga akan akan pertunjukkan kesenian khas Cirebon seperti tari sintern, tari topeng, wayang kulit khas Cirebon dan sejumlah kesenian lainnya. “Pada Musywil kali ini, kami menargetkan tidak hanya kesuksesan namun juga syi’ar Islam seluas-luasnya,” tandasnya.
Sementara itu Ketua PWM Jawa Barat, Ir KH Suhada mengatakan, dari sejumlah daerah di Jawa Barat Cirebon dianggap paling siap untuk mengadakan Musywil. Dirinya berharap pelaksanaan Musywil bisa berjalan sesuai apa yang direncanakan dan dapat bermanfaat bagi seluruh masyarakat Kabupaten dan Kota Cirebon. (yan)

Berita Terkait :

Siap Sukseskan Musyawarah Wilayah Muhammadiyah XXI, PWM Jawa Barat Gelar Rakor

Jadi Lokasi Musywil XXI Muhammadiyah Jabar, UMC Berbenah

1 KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini