Panitia Pemilihan Muktamar Gelar Simulasi Pemilihan di Gedung Edutorium UMS

1
70
Panitia Pemilihan Muktamar Muhammadiyah dan Aisyiyah ke 48 menyelenggarakan simulasi pemilihan secara elektronik atau E-voting, di Edutorium KH AHmad Dahlan Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS), Kamis lalu (25/08/2022).

SURAKARTA, CM – Panitia Pemilihan Muktamar Muhammadiyah dan Aisyiyah ke 48 menyelenggarakan simulasi pemilihan secara elektronik atau E-voting, di Edutorium KH AHmad Dahlan Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS), Kamis lalu (25/08/2022). 

Sekretaris Panitia Pemilihan Muktamar Muhammadiyah dan Aisyiyah ke 48, Budi Setiawan mengatakan, simulasi pemilihan secara elektronik ini sangat perlu dilakukan karena akan diterapkan untuk pertama kalinya dalam muktamar nanti.

“Tadi sudah kita lihat baik dari (bagian) Muhammadiyah maupun Aisyiyah, dari sistem sudah oke tapi tadi ada sedikit persoalan dari instalasi alatnya, driver-nya. Sekarang sudah jalan dan ini ternyata (bagian) Aisyiyah bisa berjalan dengan cepat dan ini bisa kita ihat sistem bisa berjalan dengan cepat,” terang Budi Setiawan.

Menurut Budi Setiawan ada dua tahapan pemilihan dalam Muktamar Muhammadyah dan Aisyiyah nanti yaitu pemilihan sidang tanwir dan  sidang muktamar.

“Kita coba saat ini yang pertama itu tahap Tanwir dimana peserta memilih 39 dari yang dicalonkan berjumlah puluhan orang. Nanti secara cepat bisa langsung masuk dalam sistemnya tapi sengaja tidak kita buka, setelah pemilihan selesai baru kita buka. Jadi ini merupakan satu ketentuan jangan sampai ditengah pemilihan mempengaruhi calon pemilih,” terang Ketua MDMC PP Muhammadiyah ini.

Panitia Pemilihan Muktamar Gelar Simulasi Pemilihan di Gedung Edutorium UMS CirebonMU
Simulasi Pemilihan pada Muktamar ke-48

Terkait para pemilih yang melakukan simulasi tidak ada persolan meskipun tadi memilih berupa nomor. Ketika pemillihan nanti, pemilih akan memilih nama-nama yang dikenal atau yang sudah dibicarakan internal daerahnya masing-masing sehingga dengan cara ini pemilihan dapat berjalan lancar dan kerahasiaan pemilihan berjalan aman karena pemilih tidak boleh membawa HP.

“Pemilih bisa bercerita, tapi screen shot sebagai bukti tidak ada Ini yang sudah kita cegah dari awal,” kata Budi.

Budi Setiawan melihat, meskipun yang ikut simulasi ini bapak ibu yang sudah sepuh, namun mereka sudah lancar melakukan latihan di tahap verifikasi maupun tahap memilih di bilik dan petuga hanya membantu saja itupun kalau terpakai.

“Tapi tadi bapak-bapak yang sudah sepuh sudah lancar, mengerti apa yang harus dilakukan. Mereka kita beri kertas seperti apa yang ada di layar. Mereka sudah tahu, begitu masuk mereka akan mencentang klek klek seperti itu sehingga bisa cepat,” kata Budi.

Pada hari H pemilihan peserta akan mendapat buku berii nama dan foto lengkap dari situ, sebelum dipanggil peserta bisa melshat siapa-siapa yang akan dipilih. begitu masuk bilik langsung ia memilih nama yang diinginkan sehingga bisa cepat selesai pemiilhannya.

Ditanya apakah perlu dilakukan simulasi lagi, Budi Setiawan mengatakan tentang hal itu maih akan dibicarakan panitia pusat.

“Ini sistem baru jadi ya perlu mulai dicoba. Tapi cukup familier sistem ini. Teman-teman itu tidak masalah ketika ada alat baru,” kata Budi Setiawan.

Panitia Pemilihan Muktamar Gelar Simulasi Pemilihan di Gedung Edutorium UMS CirebonMU
Proses Simulasi Pemilihan pada Muktamar ke-48

Tim IT yang menciptakan aplikasi berasal dari UAD sedang yang menjalankan teknik di lokasi dari tim UMS.

“Dari UAD ada 10 orang dan sudah lama bekerja dengan kita sejak tahun 2010 kalau dari UMS cukup banyak karena sampai teknis-teknisnya mereka yang pegang,” kata Budi.

Seperti sudah diberitakan sebelumnya, peserta simulasi pemilihan ini berasal dari puluhan anggota PDM, PDA dan PCM di daerah soloraya.

Dari PDM Sukoharjo misalnya membawa perwakilan banyak 10 orang unntuk Muhammadyah dan 10 orang bagi Aisyiyah.

“Dari PDM Sukoharjo ada 10 orang, karena jatahnya 5 orang peserta yaitu 1 PDM dan 4 PCM Yaitu cabang Bekonang, Bulu, Bendoari dan Blimbing Ditambah 5 dari PDM,” kata ketua PDM Sukoharjo, Wiwaha Aji Santosa.(Yayan/rilis)

Sumber : Sekretariat Panitia Muktamar 48

1 KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini