Pelatihan Masih Berlangsung, Buku Sudah terbit di 66 Negara

2
95
Pelatihan Penulisan Buku yang diselenggarakan oleh SMK Matig—sebutan SMK Muhammadiyah 3 Gresik—selama dua hari, Rabu-Kamis (12-13/10).

CIREBONMU.COM, GRESIK – Menulis itu susah? Tentu tidak, jika sudah paham caranya. Menerbitkan buku itu lama? Tentu juga tidak, jika telah mengerti alurnya. Itulah yang dibuktikan dalam Pelatihan Penulisan Buku yang diselenggarakan oleh SMK Matig—sebutan SMK Muhammadiyah 3 Gresik—selama dua hari, Rabu-Kamis (12-13/10). Bertempat di Aula SMK Matig, sebanyak 30 peserta pelatihan dari berbagai sekolah Muhammadiyah di Cerme, Benjeng, dan Balongpanggang mendapatkan materi tentang menulis secara praktis.

Agar mudah dalam menulis, berangkatlah dari dua hal, yaitu kompetensi dan hobi papar Muhammad Nurfatoni, Pimred situs berita PWMU.co, yang didapuk menjadi narasumber dalam pelatihan ini. Tulisan yang berangkat dari kompetensi akan membuat karyanya kaya akan wawasan, sedangkan naskah yang ditulis berangkat dari hobi bisa membuat sebuah karya penuh emosi.

Baca Juga : Seribu Anggota Tapak Suci Jatim Akan Touring Muktamar Solo, Menginap di Sukoharjo.

Ahmad Faizin Karimi, Master Trainer di Sekolah Menulis Inspirasi memberikan perspektif menulis secara sistematis.

“Analoginya seperti memasak. Sebelum masakan jadi, secara konseptual makanan itu sudah harus ada di pikiran. Porsi, rasa, hingga penyajiannya sudah terbayang,” ungkapnya.

Penulis buku “Jurnalistik Asyik” itu juga mengajak peserta memahami tahapan merealisasikan konsep tulisan yang sudah dipikirkan.

Baca Juga : Mulai Bebas Pajak Reklame Sampai Kantong Parkir, Pemkab Sukoharjo Dukung Penuh Muktamar Muhammadiyah Ke-48

Pelatihan Masih Berlangsung, Buku Sudah terbit di 66 Negara CirebonMU
Pelatihan Penulisan Buku yang diselenggarakan oleh SMK Matig—sebutan SMK Muhammadiyah 3 Gresik—selama dua hari, Rabu-Kamis (12-13/10)

“Setelah bahan terkumpul, maka tantangannya adalah bagaimana kita sebagai penulis mampu meramu bahan itu menjadi naskah jadi. Nah, ini tentu ada triknya dalam setiap jenis atau genre tulisan,” lanjut Faizin.

Tidak sekedar berteori, selama dua hari para peserta langsung mempraktikkan aneka tips menulis dari narasumber. Hasilnya, sebelum pelatihan ditutup buku karya peserta sudah diterbitkan oleh Penerbit Inspirasi Pustaka Media melalui Google Play Store dan bisa diunduh dari 66 negara.

“Dengan mengikuti workshop ini saya merasa menulis itu benar-benar mudah. Akan saya lanjutkan untuk terus menulis. Apalagi kita sebagai guru harus memberi contoh kepada siswa-siswi kita,” ungkap Ida Maimunah, peserta dari SMP Muhammadiyah 7 Cerme. [yayan/rilis]

pwmu.co

cirebonmu.com

2 KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini