Peran Strategis Pers Kampus Sebagai Media Inspiratif dan Kritis

1
125
Roni Tabroni, Dosen Ilmu Komunikasi UM Bandung

Cirebonmu, Bandung – Dosen prodi Ilmu Komunikasi Universitas Muhammadiyah (UM) Bandung Roni Tabroni mengatakan bahwa pers kampus memiliki peran dan fungsi yang sangat strategis. Terutama untuk merekam dan mempublikasikan berbagai kegiatan kampus.

Hal tersebut Roni sampaikan ketika menghadiri pelantikan pers kampus UM Bandung Bewara Pers yang berlangsung di Auditorium KH Ahmad Dahlan lantai tiga kampus ini pada Selasa (09/01/2024) lalu.

Selain itu, Pers kampus juga memiliki peran yang sangat penting di tengah-tengah kehidupan dan geliat akademik kampus. Apa sebabnya?

Pertama, pers kampus bisa menginformasikan dan memberitakan berbagai aktivitas penting dan menarik yang ada di kampus. Kedua, selain memberitakan, pers kampus juga bisa memberikan inspirasi tentang hal-hal positif yang ada di kampus.

“Ketiga, pers kampus juga bisa mengkritisi dan beropini tentang berbagai persoalan yang ada di luar kampus, tentu saja menggunakan perspektif mahasiswa,” tutur Roni.

“Oleh karena itu, Bewara Pers harus bisa memberikan edukasi kepada sivitas akademika kaitan dengan konten-konten atau narasi-narasi positif, inspiratif, dan juga kritis,” tegas Roni yang juga Pembina Bewara Pers.

Roni berharap Bewara Pers UM Bandung di bawah ketua yang baru saja dilantik bisa lebih maju dan kreatif dalam menghasilkan berbagai konten bermutu. Khususnya konten tentang UM Bandung agar kampus ini semakin dikenal luas masyarakat.

Bewara Pers UM Bandung, kata Roni, harus bisa memproduksi konten yang lebih beragam dan bisa masuk berbagai platform media agar cakupan dan jangkauannya lebih masif.

”Teknologi hari sangat maju dan Bewara Pers bisa beradaptasi dengan perkembangan teknologi itu. Sehingga informasi dan narasi yang mereka sebarkan bisa diterima oleh masyarakat akademik lebih luas lagi,” tandas Roni.

Pada kegiatan ini, mahasiswa Ilmu Komunikasi UM Bandung angkatan 2021 Daffa Ichyaul Majid Sarja dilantik sebagai Ketua Bewara Pers masa kerja 2023-2024. Pelantikan ini dihadiri Pembina Bewara Pers, Ketua Bewara Pers demisioner, para pengurus, dan mahasiswa. (YN/FA)

1 KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini