Perkuat Hilirisasi Ekosistem Pemberdayaan, MPM PP Gelar Pelatihan UMKM Go Digital

1
112

CIREBONMU, SURABAYA –  Ketua Majelis Pemberdayaan Masyarakat (MPM) Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah, M Nurul Yamin pertegas komitmen Muhammadiyah dalam memperkuat ekosistem pemberdayaan, salah satunya memperkuat proses hilirisasi kelompok dampingan MPM di bidang wirausaha.

Hal tersebut disampaikan dalam agenda Pelatihan UMKM Go Digital kolaborasi antara MPM PP Muhammadiyah, GoTo (Gojek Tokopedia) dan Universitas Muhammadiyah Surabaya pada Sabtu (25/11) di Auditorium UM Surabaya dan secara online.

Yamin menjelaskan bahwa MPM berkomitmen untuk terus konsen terhadap aktivitas pemberdayaan yang bersifat hilirisasi karena selaras dengan Visi MPM 2022-2027 yakni membangun ekosistem pemberdayaan masyarakat.

“Ekosistem tentu tidak hanya berdiri di hulu yakni dalam hal produksi, tetapi juga di ujung hilirnya yakni pasar yang jadi satu kesatuan yang wajib kita berdayakan bersama,” tutur Yamin.

Perkuat Hilirisasi Ekosistem Pemberdayaan, MPM PP Gelar Pelatihan UMKM Go Digital CirebonMU

Yamin menambahkan saat ini ada tiga tahapan upaya yang MPM lakukan. Pertama, di sisi hulu atau produksinya. Kedua, pada level tengah yang berkaitan dengan spirit kemandirian dan kapasitas wirausaha. Terakhir, hilirisasi atau sektor pasar.

“Langkah kolaborasi dengan GoTo ini merupakan langkah tepat, dalam upaya memperkuat sisi hilirnya sekaligus penguatan sektor tengahnya. Maka kegiatan ini menjadi pemberdayaan yang sinergis dengan berbagai pihak,” tambah Yamin.

Dalam kesempatan yang sama, Wakil Rektor 3 UM Surabaya Maruf Syaban menyampaikan apresiasi terhadap agenda ini karena telah mewadahi UMKM untuk meningkatkan kapasitas.

“Tentu ini menjadi sinergi yang baik, puluhan peserta yang hadir ini berasal dari mana-mana. Ada binaan dan mahasiswa UM Surabaya, binaan MPM PWM Jatim, dan bahkan banyak juga dari umum,” tambah Maruf

Head of Public Policy Government Relations GoTo Charli Raya menambahkan bahwa sinergi ini juga sekaligus upaya menghubungkan UMKM dengan pasar yang dimiliki GoTo melalui pemanfaatan digital.

“Pelatihan ini menjadi digital akselerasi pelaku UMKM menjangkau pasar kita, dan kita berharap dapat memberikan manfaat,” tambah Charli.

Pelatihan UMKM Go Digital yang diselenggarakan di UM Surabaya ini menyajikan materi di tingkat basic, yang nantinya akan dilanjutkan di kota berbeda pada 9 Desember mendatang tepatnya di Universitas Muhammadiyah Bandung dengan materi advance, dan juga diselenggarakan secara hybrid.(yn)

Sumber : MUHAMMADIYAH.OR.ID

1 KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini