Jaringan Saudagar Siap Bangkitkan Ekonomi Umat

SUMBER, CM.- Majelis Ekonomi dan Kewirausahaan (MEK) Pengurus Wilayah Muhammadiyah Jawa Barat (PWM Jabar) menggelar Pertemuan Jaringan Saudagar Muhammadiyah se-Ciayumajakuning di Meeting Room Kampus 2 Universitas Muhammadiyah Cirebon (UMC), Watubelah, Sumber, Sabtu (18/12/2021).

Dalam sambutannya, Rektor UMC, Arif Nurdin MT mengatakan, Jaringan Saudagar Muhammadiyah (JSM) diharapkan dapat membantu kebangkitan ekonomi umat yang terpuruk akibat pandemi Covid-19. Pasalnya, lanjut Arif, ekonomi merupakan sarana yang dapat digunakan untuk mempersatukan umat Islam.

“Masyarakat kita yang mayoritas umat Islam terpuruk akibat pandemi Covid-19. Jaringan Saudagar Muhammadiyah ini diharapkan dapat menjadi leader dalam kebangkitan ekonomi umat. Karena saat ini masalah utama bangsa adalah persoalan ekonomi. Bahkan Kementerian Pendidkan dan Kebudayaan menyediakan banyak dana untuk penelitian yang berujung pada kemajuan ekonomi,” kata Rektor Arief.

Di kesempatan yang sama Ketua Jaringan Saudagar Muhammadiyah sekaligus MEK PWM Jabar Ismail Satrianto Anggapraja menuturkan, Muhammadiyah Jawa Barat mengembangkan dua model pengembangan ekonomi yakni kebersamaan dalam berekonomi yakni koperasi, BTM, PT milik Muhammadiyah yang sahamnya 51 wajib dimilik Persyarikatan Muhammadiyah.

“Selain itu Muhammadiyah Jabar juga mengembangkan kebebasan individu anggota dalam berekonomi. Nah di sinilah tempatnya para Jaringan Saudagar Muhammadiyah. Jadi Muhammadiyah menyadari perkembangan perysarikatan sangat ditunjang anggota yang selama ini merupakan para saudagar yakni mereka yang memiliki usaha atau wirausaha,” kata Ismail.

Ismail juga menyebut, sudah saatnya kekuatan ekonomi menjadi salah satu aset wajib dalam pendirian cabang dan ranting. “Di Kecamatan Leuwiliyang Bogor setiap pendirian ranting Muhammadiyah wajib bikin koperasi. Saya kira ini bisa diadopsi PDM-PDM lain di Jawa Barat ini,” ujarnya. (CM 01)

cirebonmu

Recent Posts

Aisyiyah Lahir Sebagai Pelopor Gerakan Perempuan Islam Berkemajuan

CIREBONMU.COM, SURAKARTA -- Ketua Umum Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah, Haedar Nashir hadiri Resepsi Milad ke-107…

10 menit ago

107 Tahun Aisyiyah Tegaskan Komitmen Perluas Dakwah Kemanusiaan Semesta

CIREBONMU.COM, YOGYAKARTA - “’Aisyiyah Muhammadiyah tidak hanya berdakwah melalui mimbar tetapi melalui aksi nyata dalam…

17 jam ago

Pemuda Muhammadiyah Pulang Pisau Gelar Musyawarah Daerah III

CIREBONMU.COM, PULANG PISAU - Pimpinan Daerah Pemuda  Muhammadiyah (PDPM)  Kabupaten Pulang Pisau menggelar Musyawarah Daerah…

18 jam ago

UMMAD Lakukan Bimtek Setelah Peroleh Hibah APPPTS dari Kemendikbud Ristek Menjadi UMJT

CIREBONMU.COM, MADIUN – Universitas Muhammadiyah Madiun (UMMAD) memperoleh hibah Akselerasi Penggabungan/Penyatuan Perguruan Tinggi Swasta (APPPTS)…

24 jam ago

Terima Mandat dari Aisyiyah Jabar, Reza Arfah Siap Maju Pilwakot Bandung

CIREBONMU.COM, Bandung -- Gelombang dukungan untuk Reza Arfah maju di Pilwalkot Bandung semakin bertambah. Kali…

1 hari ago

107 Tahun ‘Aisyiyah, Perkuat Komitmen Dakwah Kemanusiaan Semesta

CIREBONMU.COM, YOGYAKARTA - Mengusung tema "Memperkokoh dan Memperluas Dakwah Kemanusiaan Semesta" 'Aisyiyah  akan memperingati miladnya…

1 hari ago