Pimpinan Pusat Muhammadiyah Resmi Luncurkan wikimu.org, Jejak Baru Dakwah Muhammadiyah

4
68

CIREBONMU.COM, JAKARTA – Pimpinan Pusat Muhammadiyah resmi meluncurkan Wikimu.org, di Auditorium Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Jakarta, Sabtu (22/10). Ketua Umum Pimpinan Pusat Muhammadiyah Prof. Dr. Haedar Nashir, M.Si., hadir secara daring menyebut Wikimu sebagai jejak baru Muhammadiyah dalam berdakwah di era digital.

 “Selamat, saya ucapkan atas peresmian Wikimu. Diharapkan informasi yang diberikan seakurat mungkin sehingga kesahihannya menjadi rujukan. Semoga Wikimu dapat menjadi langkah dan jejak baru Muhammadiyah dalam mengemban misi dakwah dan misi berkemajuan di era digital”, ucapnya.

Hadir pada kesempatan ini Ketua PP Muhammadiyah Prof. Dadang Kahmad, Rektor UMJ Dr. Ma’mun Murod, M.Si, Ketua MPI PP Muhammadiyah Dr. Muchlas M.T., secara resmi meluncurkan Wikimu.org. Hadir pula Dewan Redaksi Wikimu Roni Tabroni, Direktur Wikimu Eddy Kuscahyanto, dan Sekretaris Wikimu Arif Nurrahman.

Sebanyak kurang lebih 100 peserta yang hadir secara luring dan daring, peserta merupakan pegiat media sosial Muhammadiyah, perwakilan majelis di lingkungan Muhammadiyah, perwakilan Ortom dan Pimpinan Daerah Muhammadiyah, menyaksikan secara langsung peluncuran serta mengikuti rangkaian diskusi media dan pelatihan.

Baca Juga : Panitia Muktamar Muhammadiyah ‘Aisyiyah ke-48 Siapkan Layanan Fasilitas Peliputan Untuk Awak Media

Dr. Ma’mun Murod, M.Si, Rektor UMJ dalam sambutannya mengungkapkan bahwa Wikimu merupakan gagasan yang luar biasa. Mau tidak mau Muhammadiyah memang harus bertransformasi karena saat ini  telah masuk era digital. Dan kegiatan ini juga dalam rangka menyongsong Muktamar ke-48, sehingga kami (UMJ) sangat mensupport kegiatan dari Pimpinan Pusat Muhammadiyah.

Sementara itu, Dr. Muchlas M.T., Ketua Majelis Pustaka dan Informasi PP Muhammadiyah menjelaskan bahwa pelatihan digelar guna merawat data dan memberikan informasi, Wikimu merupakan program unggulan dari MPI. Informasi yang berbasis pada data detil atau spesifikasi memang belum tersedia sebelumnya, maka Wikimu hadir untuk melengkapi pengelolaan data Muhammadiyah.

Prof. Dadang Kahmad, selaku Ketua PP Muhammadiyah mengatakan bahwa Majelis Pustaka dan Informasi harus dapat menghadirkan gagasan-gagasan baru lainnya, sebab MPI telah banyak memberikan kontribusi untuk Muhammadiyah diantara adalah TVMu dan Museum Muhammadiyah di Universitas Ahmad Dahlan Yogyakarta.

Baca Juga : EMT Muhammadiyah Layani Warga Terdampak Banjir Pakistan, Fokus Pemeriksaan Kesehatan Penyintas Wanita dan Anak

“Hadirnya Wikimu menjadikan ensiklopedia yang ada menjadi dinamis, sebab pembaharuan data dapat langsung dilakukan tanpa harus mencetak. Hal ini menjadikan informasi dapat diakses secara bebas dan mudah”, jelas Dadang.

Eddy Kuscahyanto, Wakil Ketua Majelis Pustaka dan Informasi PP Muhammadiyah menjelaskan bahwa Muhammadiyah harus terus berinovasi dalam menyediakan wadah untuk data serta rujukan utama bagi siapa saja yang ingin mengetahui informasi terkait Muhammadiyah.

Pimpinan Pusat Muhammadiyah Resmi Luncurkan wikimu.org, Jejak Baru Dakwah Muhammadiyah CirebonMU
Prof. Dadang Kahmad, Ketua PP Muhammadiyah (kiri) dan Dr Ma’mun Murod Al-Barbasyi MSi, Rektor Universitas Muhammadiyah Jakarta saat Peluncuran wikimu.org (foto:suaramuhamamdiyah.id)

Wikimu merupakan ensiklopedia digital Muhammadiyah yang digunakan sebagai penampung berbagai artikel, tulisan, gambar, karya ilmiah, serta data lainnya. Ide yang digagas oleh Majelis Pustaka dan informasi PP Muhammadiyah ini dipersiapkan sejak 5 (lima) tahun lalu. Setelah resmi diluncurkan pada Sabtu (22/10/22), maka Wikimu dapat digunakan oleh warga Muhammadiyah.

Baca Juga : 100 UMKM Se-Solo Raya Ikut Serta Dalam Muktamar Solo Great Sale

Acara peresmian ini turut menggaungkan semarak Muktamar Muhammadiyah ke-48 yang dilaksanakan secara hybrid dengan disaksikan oleh Pimpinan MPI PP Muhammadiyah dan Jajarannya, Majelis dan Lembaga PP Muhammadiyah, Organisasi Ortonom Muhammadiyah Tingkat Pusat, perwakilan Rumah Sakit Islam Jakarta, Perwakilan PTM se-Jakarta, sivitas akademika UMJ, serta MPI Wilayah Daerah Indonesia.

Setelah Grand Launching, acara dilanjutkan dengan diskusi media dengan menghadirkan 2 narasumber yaitu Dr. Agus Sudibyo, S.I.P, M.Hum (Pakar Komunikasi Digital) dan Nur Azizah (Widyaiswara Ahli Madya Kementrian Komunikasi dan Informasi) untuk menjelaskan materi Transformasi Digital Muhammadiyah. Dosen FISIP UMJ, Doni Kurniawan memandu acara sebagai moderator. Rangkaian acara terakhir adalah pelatihan kontributor yang dibimbing langsung oleh tim dari TVMu. (yayan)

Sumber : suara Muhammadiyah.id

Wikimu.org

Berita Terkait :

Muktamar Muhammadiyah ‘Aisyiyah Ke-48, Muktamar Era Digital

Penerapan Teknologi di Muktamar Muhammadiyah ‘Aisyiyah Mulai E-Counting hingga E-Voting, Tetap Perhatikan Asas Kerahasiaan

Super Apps Muktamar Masuk Tahap Uji Coba Dan Integrasi Data Penggembira  Transportasi, Tempat Wisata, Media

Temui Presiden di Istana Negara, PP Muhammadiyah Jelaskan Soal Agenda Muktamar ke-48

Apresiasi Demo IMM, Rektor UMJ: Saya Suka, Pertanda Mahasiswa Kita Masih “Hidup”

Prof Dadang Ajak MPI Masifkan Pemberitaan Muktamar Muhammadiyah

4 KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini