Ratusan Mahasiswa Ikuti Pelatihan Relawan Kesehatan Muktamar

1
54
Pelatihan Relawan Kesehatan Muktamar, di Edutorium KH Ahmad Dahlan UMS Rabu (14/9/22).

Surakarta, CM – Penyelenggaraan Muktamar Muhammadiyah dan ‘Aisyiyah ke 48 tinggal dua bulan lagi. Persiapan-persiapan akhir dilakukan oleh segenap panitia untuk memastikan Muktmar dapat terselenggara dengan baik. Di antara berbagai persiapan akhir, Sie Kesehatan Panitia Muktamar juga turut andil di dalamnya. Bertempat di Edutorium KH Ahmad Dahlan UMS, Sie Kesehatan menyelenggarakan Pelatihan Relawan Kesehatan Muktamar, Rabu (14/9).

Sekretaris Sie Kesehatan Panitia Penerima Muktamar Istanto, S.Pd.I., M.Pd. menyampaikan dalam sambutannya bahwa pelatihan ini diselenggarakan dengan tujuan meningkatkan keterampilan dan pemahaman tentang layanan kesehatan dan protokol kesehatan Muktamar Muhammadiyah dan ‘Aisyiyah ke 48.

“Peserta (pelatihan) berasal dari PTM/A yang memiliki program studi kedokteran dan kesehatan, yang meliputi : UM Surakarta, UM Semarang, UM Klaten, UNISA Surakarta, ITS PKU Muhammadiyah Surakarta,” ucap Sekretaris MDMC Jateng yang juga dosen FAI UMS ini.

Ia menambahkan bahwa relawan kesehatan berjumlah 250 orang, dengan tugas membantu RSM/A yang bertugas selama pelaksanaan Muktamar (18-20 November 2022) dan kegiatan pendukung (Muktamar Talk, Road to Muktamar, Expo Mite & Bazar Muktamar Fair, Malam Mangayubagyo, Tabligh Akbar, Apel Kesiapan Muktamar, serta Gowes Luring.

Adapun beberapa materi yang disampaikan kepada peserta, di antaranya : Materi Umum Muktamar, PPGD dan Ambulansi, Protokol Kesehatan Muktamar, Jobdesk dan Pos, Praktik. Bertugas sebagai narasumber yakni Tim Medis SAR Muhammadiyah MDMC Jawa Tengah (dr. Dien, dr. Eva, Beni, Kapuk, Ibnu, Yanuar, dan Linggar) dan Sie Kesehatan Muktamar (Istanto, Okti, Alis, Tri Wahyudi, dan Dwi Handoyo).

Masih menurut Istanto, setelah pelatihan hari ini, pada 8 Oktober 2022 akan diselenggarakan gladi posko yang melibatkan seluruh komponen Sie Kesehatan (RSM/A, relawan kesehatan, dan dukungan ambulance Lazismu & MDMC).

Ratusan Mahasiswa Ikuti Pelatihan Relawan Kesehatan Muktamar CirebonMU

Menurut informasi yang redaksi dapatkan dari Sie Kesehatan, nantinya pada saat penyelenggaraan Muktamar, Sie Kesehatan akan menggunakan sistem layanan : pos kesehatan -> rumah sakit lapangan -> rumah sakit rujukan.

“Rumah sakit rujukan utama RS PKU Muhammadiyah Surakarta, dan didukung oleh rumah sakit-rumah sakit miliki pemerintah maupun swasta lainnya di sekitar Solo,” tegas Istanto.

Nantinya, Sie Kesehatan akan menyiapkan 2 rumah sakit lapangan yang ditempatkan di Kampus 4 UMS untuk membackup lokasi Muktamar Muhammadiyah, dan di lapangan Fakultas Psikologi untuk membackup lokasi Muktamar ‘Aisyiyah. (yans/rilis/mtu/mpi)

1 KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini