Rekrut 853 Angota Hizbul Wathan se Solo Raya, Panitia Bentuk Duta Muktamar Bersih

2
63

CIREBONMU.COM, SURAKARTA – Seksi Kerelawanan Bidang II Panitia Penerima Muktamar Muhammadiyah dan Aisyiyah ke 48 telah membentuk Duta Muktamar Bersih yang berisi para relawan muktamar. Jumlah Duta Muktamar Bersih ini sebanyak 853 orang yang berasal dari Hizbul Wathan se Solo raya. Ikut serta didalamnya IPM berjumlah 20 orang.

Sekretaris Seksi Kerelawanan, Ismokoweni menerangkan, tugas dari Duta Muktamar Bersih adalah mengajak umat untuk menjaga kebersihan selama penyelenggaraan muktamar mulai tanggal 17-21 November 2022.

Keberadaan Duta Muktamar Bersih ini sebagai bentuk dari dakwah kader Muhammadiyah dengan mengamalkan hadist nabi Muhammad SAW yang menyebutkan kebersihan sebagian dari iman.

Duta Muktamar Bersih akan berada di venue-venue penyelenggaraan muktamar seperti di De Tjolomadoe, kampus 1, kampus 2 (GOR). Disampaikan Ismokoweni saat ditemui di  Edutorium KH Ahmad Dahlan pada Selasa (20/9/2022).

“Juga di sepanjang Jalan Garuda Mas kampus 4 dan sepanjang Jalan Adi Sucipto menuju Manahan pada saat pembukaan,” katanya.

Ismokoweni menerangkan, secara teknis, Duta Muktamar Bersih bekerja bukan sebagai petugas kebersihan  tetapi melakukan kampanye, sosialisasi kepada umat agar bisa menjalankan cara hidup bersih.

Rekrut 853 Angota Hizbul Wathan se Solo Raya, Panitia Bentuk Duta Muktamar Bersih CirebonMU
Ismokoweni, Sektretaris Sie Kerelawanan Panitia Penerima Muktamar Muhammadiyah ‘Aisyiyah ke-48

“Bukan mereka sebagai pembersih. Kader kita jangan sampai seperti itu. Tetapi mereka kita minta sosialisasi kepada umat yang ada, artinya umat  yang ada, entah penggembira atau masyarakat yang ada untuk hidup bersih. Artinya kalau habis makan, tempat sampah disini, silakan membuang di tempat sampah disini. Kader kita menyampaikan hidup bersih itu hidup sehat dan itu wujud dari seperti yang disampaikan dalam hadist nabi bahwa kebersihan sebagian dari iman. ini merujuk dari itu sehingga dakwah kita tetap harus jalan,” terang Ismokoweni yang juga Ketua Bidang Penelitian Pengembangan Evaluasi  Hizbul Wathan Pusat itu.

Ismokoweni mengungkapkan setiap person dari Duta Muktamar Bersih akan bekerja dalam 2 hari saja secara shift mulai shift 1 sampai shift 2. Setelah itu akan diganti relawan yang lain dengan waktu kerja yang sama.

“Kalau mereka 5 hari (kerja) kalau ada apa-apa, sakit, kita yang kena. Untuk itu kita sepakati dari Sie Relawan, 1 person dua hari saja (bekerja),” kata Ismokoweni yang menjabat sebagai Ketua Bidang Pandu Putri Kwartir Wilayah.

Khusus pada saat pembukaan muktamar, setelah bekerja di waktu pembukaan di Stadion Manahan, kemudian relawan Duta Muktamar akan beralih ke De Tjolomadoe, tempat berlangsungnya Bazaar dan Ekspo muktmar.

“Pada saat pembukaan di (Stadion) Manahan itu hanya sekali, sehari itu saja dia akan dapat tugas di Colomadu (De Tjolomadoe),” kata Ketua LLHPB PDA Sukoharjo tersebut.

Seksi Kerelawanan sudah menyiapkan matrik kerja serta peta titik sampah dan titik angkut sampah.

“Kami akan melakukan koordinasi dengan Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten/Kota yang tempatnay jadi venue muktamar. Ini masih menunggu tindak lanjut pertemuan yang dilakukan Panitia Penerima dengan beberapa pemerintah daerah setelah turun suratnya kita langsung koordinasi dengan DLH,” terang Ketua Diklat HW UMS tersebut. (yayan/rilis)

Sumber : Media Center Panitia Mukatamar 48

2 KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini