Resmi Buka Cabang di Korea Selatan, UMS Tanda tangani MoA dengan TomYong University

1
77
Resmi kerjasama, MoA dilakukan oleh President Tomyong University Prof Chun HO Hwan PhD (kanan) dengan Rektor UMS, Prof. Drs. Sofyan Anif MSi (kiri). Foto: Humas UMS

CIREBONMU.COM, SURAKARTA – Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) memperingati Hari Jadi ke-64 di Gedung Edutorium, Senin (24/10/22) lalu. Dihadiri seluruh civitas akademika UMS, termasuk ribuan mahasiswa yang mengenakan jaket almamater khas, peringatan Hari Jadi ke-64 diisi dengan momen istimewa, berupa penandatanganan Memorandum of Agreement (MoA) atau kesepakatan bersama antara UMS dengan Tomyong University di Busan, Korea Selatan.

MoA dilakukan oleh President Tomyong University Prof Chun HO Hwan PhD dengan Rektor UMS, Prof. Drs. Sofyan Anif MSi, dengan adanya MoA ini UMS akan membuka “cabang di Korea”

Rektor UMS, Prof. Sofyan Anif menjelaskan,  UMS dengan Tomyong University telah menjalin kerjasama program double degree. Dengan dua tahun kuliah di Korea Selatan dan dua tahun di UMS. Sementara untuk MoA ini, kedua universitas ini, kelas yang dapat diambil calon mahasiswa adalah Strata 1.

Baca Juga : Gedung Fakultas di UMS Siap Menampung 6000 Penggembira Muktamar Muhammadiyah Ke-48

“Akhirnya kami diistimewakan untuk membuka kelas atau cabang di Tomyong University yakni under graduate atau S1,” ujar Guru Besar Pendidikan UMS tersebut.

Sementara itu, President Tomyong University, Prof Chun Ho Hwan PhD dalam jumpa pers usai mengikuti upacara Hari Jadi UMS ke64, menyampaikan jurusan yang dapat diambil calon mahasiswa adalah Teknologi Informasi dengan beberapa kompetensi seperti perangkat lunak dan keamanan informasi.

Resmi Buka Cabang di Korea Selatan, UMS Tanda tangani MoA dengan TomYong University CirebonMU
MoA dilakukan oleh President Tomyong University Prof Chun HO Hwan PhD (kanan) dengan Rektor UMS, Prof. Drs. Sofyan Anif MSi (kiri). Foto: Humas UMS

“Kurikulum yang akan dijalankan akan didiskusikan oleh kedua kampus yang melakukan kerjasama kemudian setelah ada kesepakatan akan ditawarkan kepada mahasiswa UMS.

Perkuliahan akan dilakukan dua tahun pertama di sini (UMS) dan dua tahun berikutnya berada di Korea Selatan. Jadi kita memang harus mendiskusikannya terlebih dahulu mengenai kurikulum apa yang akan diberikan disini. Tapi secara mendasar, subyek-subyek program ini harus dapat dipraktekkan disini,” kata Chun Ho Hwan.

Baca Juga : Jelang Muktamar Muhammadiyah Ke-48, Uhamka Raih 6 Akreditasi Unggul

Disinggung tujuan dari kerjasama kedua universitas ini, Presiden TomYong University mengatakan, pihaknya berupaya untuk memberi pembelajaran mengenai IT mengingat salah satu negara di Asia Timur ini, sangat maju dalam bidang IT.

Chun Ho Hwan menyampaikan, Korea Selatan saat ini mengalami kekurangan populasi, populasinya menurun tajam.

“Kami butuh tenaga kerja sehingga kami berusaha mendidik tenaga kerja dari Indonesia,” kata Chun Ho Hwan.

Chun menyampaikan, pihaknya menginginkan mereka bekerja di Korea Selatan apabila mahasiswa tidak mau balik lagi ke Indonesia.

“Itu jika mereka dapat menjalani program ini dengan baik. Tapi bila mereka kembali ke Indoneisa maka dapat mengembangkan ilmu yang mereka dapat di Korea di Indonesia,” terang Chun Ho Hwan.

Sedang Wakil Rektor V Bidang Kerjasama dan Urusan Internasional UMS, Supriyono, S.T., M.T., Ph.D menyampaikan, UMS buka cabang di TomYong University ini artinya membuka kelas terbuka di Korea Selatan.

Baca Juga : PDM Klaten All Out Sukseskan Muktamar Muhammadiyah Aisyiyah ke – 48, Siapkan Pelayan Akomodasi dan Kesehatan

“Bukan untuk orang Korsel, untuk mahasiswa asing, mungkin orang luar negeri yang mau .Jadi inilah salah satu cita cita UMS memperluas mahasiswa asing,” terang Supriyono.

“Kalau langsung diarahkan ke Indonesia sulit. kalau ditarik tidak mau. Kalau mereka coba mampir dulu di Korea, mungkin tertarik dengan kondisi di Korea yang sedang rising up,” tambahnya.

Supriyono menambahkan, kerjasama antara UMS dan TomYong University akan dilaksanakan pada tahun 2023. (yans/rilis)

Sumber : Humas Universitas Muhammadiyah Surakarta

cirebonmu.com

Berita Terkait :

Siap Bersaing Global, UMS Akan Buka Cabang di Korea Selatan

Dikunjungi Rektor Prof. Sofyan Anif, Mahasiswa Double Degree UMS di Korea Sangat Terkesan

Lima Ribu Peserta Ikuti Jalan Sehat Dalam Rangka Milad UMS ke-64

Tim ECRC UMS Siap Mengikuti Ajang Kompetisi Mobil Listrik Shell Eco Marathon 2022

UMS Mewisuda2778 Sarjana, 1176 Lulus Cumlaude. Peroleh 2 Penghargaan dari LEPRID

1 KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini