Berita

Resmi Dilaunching, UMSA Jadi Universitas Pertama di Sampit

SAMPIT, CM — Universitas Muhammadiyah Sampit (UMSA) resmi dilaunching pada hari ini, Selasa (16/5). UMSA lahir berkat merger antara AKBID Muhammadiyah Kotawaringin Timur dan STKIP Muhammadiyah Sampit yang prosesnya sudah dimulai sejak tahun 2022.

Bertempat di Aquarius Boutique Hotel, Sampit, dalam launching ini hadir Wakil Bupati Kotawaringin Timur, Irawati mewakili Bupati Kotim, Halikinnor, Kepala LLDIKTI Wilayah XI Kalimantan, Muhammad Akbar, dan Gubernur Kalimantan Tengah Sugianto Sabran yang diwakili Staf Ahli bidang Kemasyarakatan dan SDM, Suhaimi.

Acara sendiri dirangkai dengan pelantikan Rektor UMSA, Ramadansyah serta pengenalan susunan struktur Pimpinan Wilayah Muhammadiyah (PWM) Kalimantan Tengah (Kalteng) periode 2022-2027.

Mewakili Gubernur Kalteng, Suhaimi menyampaikan tahniah dan salam dari Gubernur atas berdirinya UMSA.

”Kami berharap Muhammadiyah di Kalimantan Tengah lewat Pimpinan Wilayah Muhammadiyah dan Pimpinan Daerah Muhammadiyah di seluruh Kalimantan Tengah akan berkibar sebagaimana cita-cita dan mars Muhammadiyah itu sendiri,” ujarnya.

Sementara itu, Bupati Kotawaringin Timur melalui wakilnya, Irawati menyatakan suka cita atas berdirinya UMSA. Sebagai universitas pertama yang berdiri di kota Sampit, pemerintah menurutnya menaruh harapan besar bagi Muhammadiyah dalam membangun sumber daya manusia di wilayah tersebut.

“Pendidikan adalah pilar utama berdirinya sebuah bangsa untuk merancang masa depan. Semakin tinggi pendidikan di suatu daerah maka tinggi pula manusia di sekitarnya, sekaligus membantu program pemerintah mencerdaskan anak bangsa,” kata Irawati.

Dia juga berharap agar UMSA ke depan melahirkan intelektual muda yang unggul, profesional, serta kreatif menghadapi dinamika zaman.

“Saya berharap lembaga pendidikan tinggi ini dapat konsisten menjalankan Tri Dharma Pendidikan yang bermutu dan menghasilakn lulusan yang berkualitas. Atas nama pemerintah Kotawaringin Timur menyampaikan ucapan terima kasih pada Universitas Muhammadiyah Sampit atas dedikasi, profesionalisme, loyalitas, pengabdian dan kerja keras dalam mengajar dan membimbing sehingga hari ini mencapai prestasi yang cemerlang,” ujarnya.

Menyambung Irawati, Kepala LLDIKTI Wilayah XI Kalimantan, Muhammad Akbar, berpesan agar UMSA melaksanakan tiga tugasnya kepada LLDIKTI dengan baik, yakni pemenuhan standar DIKTI, sistem penjaminan mutu, serta melaporkan proses penyelenggaraan pendidikan tinggi secara akuntabel. (yan)

cirebonmu

Recent Posts

Ormas Keagamaan Tidak Boleh Jadi Benalu, Harus Mandiri Dalam Gerakan

CIREBONMU.COM, YOGYAKARTA – Organisasi sosial kemasyarakatan berbasis agama harus memiliki kesadaran untuk berubah naik kelas,…

15 jam ago

PP Muhammadiyah dan Baznas RI Tandatangani Perjanjian Kerja Sama

CIREBONMU.COM, YOGYAKARTA – Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah teken Penandatanganan Perjanjian Kerja Sama (PKS) dengan Badan…

17 jam ago

Lembaga Resiliensi Bencana Muhammadiyah Jawa Barat Lakukan Asesmen Dampak Gempa M 6.2 Garut

CIREBONMU.COM, Bandung – Pada Sabtu malam (27/04/2024) pukul 23.29.47 WIB, wilayah Samudera Hindia Selatan Jawa…

1 hari ago

Dikdasmen PNF PP Muhammadiyah Gelar Diksuspala Region 1 Diikuti 219 Kepala Sekolah

CIREBONMU.COM  --  Majelis Pendidikan Dasar, Menengah, dan Pendidikan Non Formal Pimpinan Pusat Muhammadiyah (Dikdasmen PNF…

5 hari ago

Universitas Muhammadiyah Bandung Gelar Silaturahmi Bakda Idul Fitri 1445 Hijriah

CIREBONMU.COM, Bandung – Universitas Muhammadiyah (UM) Bandung menggelar silaturahmi bakda Idul Fitri 1445 di Auditorium…

5 hari ago

UHAMKA Siapkan Program Kelas Karyawan untuk Tingkatkan Akses Pendidikan bagi para Pekerja

CIREBONMU.COM, Jakarta, – Universitas Muhammdiyah Prof. Dr. Hamka (UHAMKA) telah berkomitmen untuk memberikan ruang pendidikan…

5 hari ago