SMA MUHI KEMBALI RAIH PRESTASI TINGKAT NASIONAL 2023

0
180

Yogyakarta, CM  –  Siswa SMA Muhammadiyah 1 Yogyakarta  meraih medali perak Olimpiade Sains Nasional (OSN) tingkat nasional tahun 2023. Kegiatan ini diselenggarakan oleh Pusat Prestasi Nasional Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek) Republik Indonesia pada 28 Agustus 2023 – 2 September 2023 di Bogor. Muhammad Iqbal Raihan siswa kelas XII MIPA 4 SMA Muhammadiyah 1 (Muhi) Yogyakarta berhasil meraih medali perak OSN 2023 tingkat nasional untuk mata pelajaran Matematika.

Menurut Marsuni, S.Pd selaku wakil kepala urusan kurikulum, Muhammad Iqbal Raihan bersama pelajar dari DIY lainnya telah berada di Bogor sejak 27 Agustus 2023. Perjuangan untuk meraih medali perak tingkat nasional ini dimulai dari seleksi tingkat sekolah, kecamatan, kabupaten, dan tingkat provinsi. Setelah lolos tingkat Provinsi DIY, Iqbal mendapatkan pembinaan intensif selama sembilan hari, sejak 11-20 Agustus 2023 di Tirta Kencana Hotel & Garden.

Menurut Marsuni, S.Pd dalam pembinaan ini para Iqbal dan teman-temannya diberikan materi oleh beberapa dosen dari UGM dan UNY yang telah berpengalaman dalam persiapan OSN di tahun-tahun sebelumnya. Selain itu, ada pula sesi pengajaran yang diselenggarakan oleh beberapa alumni OSN DIY. Para siswa juga mengikuti kunjungan lapangan ke beberapa instansi teknis untuk memperdalam wawasan para siswa terkait beberapa materi, antara lain ke Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) DIY.

Tentu berkat kerja keras, kegigihan, dan doa berbagai pihak ini mengantarkan siswa asal Parakan, Temanggung itu meraih medali perak OSN 2023 tingkat nasional cabang Matematika. Iqbal merupakan satu-satunya peserta didik sekolah Muhammadiyah di Provinsi DIY yang bisa meraih medali OSN 2023 tingkat nasional.

SMA MUHI KEMBALI RAIH PRESTASI TINGKAT NASIONAL 2023 CirebonMU

“Saya amat bersyukur dapat meraih kejuaraan ini. Semoga hal ini dapat terus memacu saya untuk semakin berprestasi. Terima kasih orang tua dan Muhi atas dukungan penuhnya. Mohon doanya agar saya bisa meraih prestasi di tingkat internasional. ” ungkap Marsuni.

Melihat capaian tersebut, Kepala SMA Muhi, Drs. H. Herynugroho, M.Pd., bangga atas prestasi ini dan mewakili sekolah ia mengucapkan selamat. Kepala Sekolah berharap Raihan bisa menginspirasi siswa lain untuk semakin berprestasi di tingkat nasional. Menurutnya, di samping bisa menjadi alat pengembangan model untuk meningkatkan kualitas pendidikan dan mutu pembelajaran sains, OSN juga dapat mendorong berkembangnya etos ilmu dan budaya ilmiah dalam masyarakat.

Herynugroho juga bangga karena SMA Muhi bisa menjadi satu-satunya sekolah Muhammadiyah di DIY yang meraih medali perak OSN tingkat nasional. Sekolah telah menunjuk guru-guru terbaik untuk mendampingi siswa agar sukses di OSN. Pembimbingan dilaksanakan secara rutin melalui kegiatan ekstrakurikuler olimpiade dan pendampingan khusus setiap akan ada lomba, dan ini dilaksanakan dengan seleksi ketat mulai dari tingkat sekolah, kabupaten/kota, provinsi, sampai nasional.

“Dengan pendampingan ketat ini harapannya dari SMA Muhi akan lahir juara-juara kompetisi sains yang mumpuni dan berdaya saing tinggi, siap berkompetisi pada tingkat Nasional bahkan Internasional,” pungkasnya. (yan/Yusron Ardi)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini