UHAMKA Berkolaborasi AWG Akan Gelar Seminar tentang Palestina pada Gelaran BSP 2023

0
216

Jakarta, CM – Sebagai upaya menyukseskan kegiatan Bulan Solidaritas Palestina (BSP) 2023 pada November 2023 mendatang, Aqsa Working Group (AWG) melakukan audiensi ke Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka (UHAMKA) pada Jumat (22/09/23). Kedatangan rombongan AWG itu pun disambut hangat oleh pihak perguruan tinggi tersebut.

Audiensi AWG itu diterima oleh Sekretaris Badan Pembina Harian (BPH) UHAMKA, Prof. Dr. Sudarnoto Abdul Hakim, M.A; Wakil Rektor IV UHAMKA, Dr. Muhammad Dwi Fajri, M.Pd.I; Dosen Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) UHAMKA, Dr. Muntazhimah dan Amirullah M.A.

Sementara dari pihak AWG, hadir Ketua Panitia Bulan Solidaritas Palestina (BSP) 2023, tim humas dan dokumentasi. Total, enam orang.

Wakil Rektor IV UHAMKA, Dr. Muhammad Dwi Fajri, M.Pd.I mengaku senang dengan kunjungan Aqsa Working Group (AWG) ke kampus milik salah satu organisasi Islam terbesar di Indonesia itu.

“Ketika teman-teman dari Aqsa Working Group  bersilaturahim, kita menjadi sadar betul bahwa ada persoalan yang serius di dunia kita dalam pengertian umum atau dunia Islam secara khusus. Isu Palestina ini sudah ada dari sebelum kita lahir dan menjadi representasi derita kita sebagai seorang muslim,” kata Fajri.

Fajri menyampaikan, pertemuan bersama AWG ini akan melahirkan sesuatu yang bermanfaat bagi Palestina.

“Kita mungkin tidak bisa memberikan manfaat secara langsung tapi pertemuan kita ini menegaskan kita ada di pihak mana. Kita harus menjadi bagian yang peduli,” tuturnya.

Sebagaimana diketahui, masyarakat Indonesia bahkan umat Islam pun masih banyak yang apatis dengan persoalan Palestina. Padahal apa yang dilakukan Israel terhadap bangsa Palestina adalah penjajahan yang nyata dan melanggar hukum internasional.

“Biasanya orang-orang yang bicara ngapain jauh-jauh ngurusin Palestina padahal urusan dalam negeri banyak, biasanya mereka ini urusan dalam negeri pun mereka tidak peduli. Orang yang tidak melakukan kebaikan, biasanya kebaikan apa pun dianggap salah,” ungkap Fajri.

UHAMKA Berkolaborasi AWG Akan Gelar Seminar tentang Palestina pada Gelaran BSP 2023 CirebonMU
Aqsa Working Group (AWG) melakukan audiensi dengan Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka (UHAMKA). (dok. AWG)

Dalam audiensi itu, Ketua Panitia Bulan Solidaritas Palestina (BSP) 2023, Rifa Berliana Arifin menawarkan kepada UHAMKA untuk menjadi fasilitator dalam kegiatan seminar atau studium generale yang membahas isu Palestina. Sebagai perguruan tinggi, UHAMKA diharapkan bisa menjadi wadah yang mampu memahamkan para pemuda, khususnya mahasiswa tentang persoalan Palestina.

“Jadi masyarakat kita perlu kita kenalkan terkait dengan framing perjuangan pembelaan Palestina dan pembebasan Masjid Al-Aqsa,” ujarnya.

Hal senada juga disampaikan Sekretaris Badan Pembina Harian (BPH) UHAMKA, Prof. Dr. Sudarnoto Abdul Hakim, M.A. Ia bercerita, bahwa dirinya pun sering menemukan mahasiswanya yang bahkan tidak peduli dengan Indonesia, tidak mengerti tentang tokoh-tokoh Islam, apalagi tentang persoalan Palestina.

Jika masalah tersebut dibiarkan, Sudarnoto mengatakan, umat Islam akan kehilangan aset yang sangat besar.

“Oleh karena itu, kantong-kantong umat seperti Universitas Muhammadiyah ini harus ditumbuhkan juga spirit itu (perjuangan Palestina). Khawatir nanti anak-anak muda kita tidak mengerti apa-apa,” jelasnya.

Sudarnoto turut merekomendasikan agar UHAMKA mengambil bagian dalam kegiatan BSP 2023 melalui kegiatan apa pun, entah itu seminar, studium generale, maupun forum akademik lainnya yang mengangkat tema Palestina.

Wakil Rektor IV UHAMKA, Dr. Muhammad Dwi Fajri, M.Pd.I menyetujui tawaran AWG untuk terlibat dalam kegiatan BSP 2023. Pihaknya akan menindaklanjuti terkait seminar tentang Palestina di UHAMKA pada bulan November mendatang.

“Insya Allah akan kita follow-up. Secara umum, kita oke lah. Kita juga tidak ingin membiarkan anak-anak muda kita abai, padahal ini (Palestina) hal yang serius,” kata Fajri.

Fajri menekankan, jika tidak bisa menjadi relawan di Palestina, paling tidak hati kita sebagai umat Islam terpaut dengan Palestina dan Masjid Al-Aqsa. Untuk rancangan konsep dan teknis acara seminar Palestina ini, akan digodok oleh UHAMKA bersama Aqsa Working Group (AWG). (yan/arina)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini