UM Cirebon Gelar Aksi Bela Palestina dan Kutuk Israel

0
188
foto : cirebonmu.com

CIREBONMU.COM, Cirebon – Rektor bersama civitas akademika dan ratusan mahasiswa Universitas Muhammadiyah Cirebon (UMC) menggelar aksi solidaritas untuk Palestina dan mengecam tindakan Israel di depan kampus, Jalan Raya Fatahillah, Desa Watubelah, Kecamatan Sumber, Kabupaten Cirebon, pada Selasa (7/5/24).

Kegiatan aksi dimulai pada pukul 09.00 WIB s/d selesai. Kegiatan ini menghadirkan orasi-orasi bela palestina, teatrikal kebiadaban israel, donasi, doa dan pernyataan bersama.

UM Cirebon Gelar Aksi Bela Palestina dan Kutuk Israel CirebonMU
foto : cirebonmu.com

Mereka memberi dukungan untuk Palestina bukan hanya masalah agama tetapi juga bagian dari amanat konstitusi Republik Indonesia. Selain orasi, sejumlah mahasiswa juga melakukan aksi teatrikal untuk menggambarkan penderitaan rakyat Palestina yang sebagian besar tidak bersalah.

Baca Juga : Kapolresta dan Ketua DPRD Hadiri Silaturahmi Syawalan Muhammadiyah Kabupaten Cirebon

Rektor UMC Cirebon, Arif Nurdin, MT. mengungkapkan, bahwa aksi ini adalah bentuk dukungan kemanusiaan terhadap Palestina.

Dia menekankan sejarah hubungan erat antara Indonesia dan Palestina, termasuk dukungan Palestina dalam pengakuan dan mobilisasi negara-negara Arab untuk mengakui kemerdekaan Indonesia pada masa lalu.

UM Cirebon Gelar Aksi Bela Palestina dan Kutuk Israel CirebonMU
foto : cirebonmu.com

“Kami mengecam Organisasi Kerja Sama Islam, Rabithah Alam Islami, dan negara- negara Arab yang bersikap lemah dan cenderung membiarkan Israel secara leluasa melakukan penyerangan dan pembunuhan hanya untuk kepentingan dalam negeri mereka sendiri,” ujarnya.

Baca Juga : Ormas Keagamaan Tidak Boleh Jadi Benalu, Harus Mandiri Dalam Gerakan

Menurut Arif, aksi ini juga mencerminkan keprihatinan terhadap tingkat kepedulian kemanusiaan di kalangan perguruan tinggi di Indonesia, yang dianggapnya mulai menurun.

UMC bersama 172 perguruan tinggi Muhammadiyah dan Aisyiyah se-Indonesia dari sabang sampai merauke menggelar aksi serupa hari ini. (CM)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini