Berita

Lazis Muhammadiyah Galang Dana Kemanusiaan Program Dakwah Pedalaman, Saat Tabligh Akbar Muktamar Muhammadiyah

CIREBONMU.COM, SURAKARTA – Lazismu PP Muhammadiyah akan menyelenggarakan penggalangan dana kemanusiaan (fund rising) pada gelaran Tabligh Akbar Muktamar Muhammadiyah dan Aisyiyah ke-48 di Gedung Edutorium KH Ahmad Dahlan, UMS, Sabtu (8/10/22).

Agenda penggalangan dana dari Lazismu PP Muhammadiyah itu akan menjadi bagian dari susunan acara (run down) Tabligh Akbar Muktamar Muhammadiyah dan Aisyiyah ke-48 yang akan menghadirkan ustadz Dr. Adi Hidayat, Lc,. M.A.

Penanggung jawab penggalangan dana kemanusiaan pada tabligh akbar, Edy Muktiono Direktur Penggalangan Dana Lazismu PP Muhammadiyah, saat ditemui pada Jumat (7/10/22), menerangkan, acara penggalangan dana kemanusiaan pada gelaran Tabligh Akbar besuk merupakan bagian dari program Dakwah Pedalaman yang telah dijalankan Lazismu PP muhammadiyah sejak bulan September 2022.

Baca Juga : Ini Alasan Tablig Akbar Muktamar Muhammadiyah dan Aisyiyah ke-48 Hadirkan Ustadz Adi Hidayat

Acara penggalangan dana kemanusiaan pada gelaran tablig akbar besok akan berlangsung selama 15 menit yang akan dibagi dalam dua slot pemberian informasi terkait program Dakwah Pedalaman oleh Lazismu PP Muhammadiyah.

Pada 5 menit pertama akan diputar video jejak Diaspora Muhammadiyah dalam membantu penggalangan dana. Pada 10 menit berikutnya ditampilkan video, foto-foto yang bernarasi tentang program Dakwah Pedalaman.

Menurut Edy Muktiono, Lazismu PP Muhammadiyah akan melakukan penggalangan dana secara langsung kepada peserta tabligh akbar sebelum acara dimulai sehingga masyarakat yang hadir dalam tabligh akbar bisa ikut memberikan donasi didalam kotak donasi.

Petugas dari Lazismu PP Muhammadiyah akan memberikan brosur, buletin mengenai program Dakwah Pedalaman ini kepada peserta tabligh akbar.

“Selain itu kami juga akan memberikan form komitmen berdonasi bagi peserta tabligh akbar yang ingin berdonasi namun belum membawa dananya. Didalam form komitmen itu sudah ada nomor telponnya yang berkomitmen, kemudian  itu bisa dimasukkan dalam kotak donasi itu untuk selanjutnya kami akan hubungi,” jelas nya.

Mengenai program Dakwah Pedalaman yang dilakukan Lazismu PP Muhammadiyah ini, Edy Muktiono menerangkan, akan dijalankan pada tahun 2023 mendatang. Pelaksanaannya penggalangan dananya akan berlangsung hingga Desember 2022.

Nantinya daerah pedalaman yang akan menjadi sasaran program Dakwah Pedalaman ini berada di wilayah Indonesia Timur seperti Maluku, Papua, Nusa Tenggara Barat.

Baca Juga : Lazis Muhammadiyah Bantu UMKM Bangkit dari Pandemi

Edy Muktiono mengungkapkan  program Dakwah Pedalaman ini berisi beberapa kegiatan kemanusiaan.Yaitu beasiswa guru di pedalaman, pemberian bantuan kepada da’i, pembelian Alquran, pembangunan masjid,  dan pemberian panel surya.

“Pemberian panel surya akan diberikan di beberapa titik tidak hanya untuk warga Muhammadiyah saja tapi juga untuk warga umum. Di pedalaman itu kan banyak rumah-rumah yang belum tersentuh listrik,” kata Edy.

Sementara untuk beasiswa guru, bantuan kepada da’i, pemberian bantuan Al Quran dan pembangunan masjid terseut diberikan kepada warga Muhammadiyah.

Saat ini jumlah dana kemanusiaan yang terkumpul dalam program Dakwah Pedalaman sudah mencapai Rp 1,2 miliar. Juga sudah ada komitmen dukungan dari Lazismu Jawa Tengah dan Jawa Timur sebesar Rp 2 miliar. Dari Lazismu DIY sebanyak Rp 100 juta,” pungkasnya. (yayan/rilis)

Sumber : Lazismu PP Muhammadiyah

Berita Terkait :

Lazis Muhammadiyah Bersama MPM Dampingi Petani Wajo Untuk Bangkit

Lazis Muhammadiyah Bantu UMKM Bangkit dari Pandemi

cirebonmu

View Comments

Recent Posts

Momentum Hari Kebangkitan Nasional untuk Tegakkan Kedaulatan Indonesia

CIREBONMU.COM, YOGYAKARTA - Hari ini 20 Mei 2024 bangsa Indonesia memperingati Kebangkitan Nasional. Kendati peringatan…

8 jam ago

Aisyiyah Lahir Sebagai Pelopor Gerakan Perempuan Islam Berkemajuan

CIREBONMU.COM, SURAKARTA -- Ketua Umum Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah, Haedar Nashir hadiri Resepsi Milad ke-107…

1 hari ago

107 Tahun Aisyiyah Tegaskan Komitmen Perluas Dakwah Kemanusiaan Semesta

CIREBONMU.COM, YOGYAKARTA - “’Aisyiyah Muhammadiyah tidak hanya berdakwah melalui mimbar tetapi melalui aksi nyata dalam…

2 hari ago

Pemuda Muhammadiyah Pulang Pisau Gelar Musyawarah Daerah III

CIREBONMU.COM, PULANG PISAU - Pimpinan Daerah Pemuda  Muhammadiyah (PDPM)  Kabupaten Pulang Pisau menggelar Musyawarah Daerah…

2 hari ago

UMMAD Lakukan Bimtek Setelah Peroleh Hibah APPPTS dari Kemendikbud Ristek Menjadi UMJT

CIREBONMU.COM, MADIUN – Universitas Muhammadiyah Madiun (UMMAD) memperoleh hibah Akselerasi Penggabungan/Penyatuan Perguruan Tinggi Swasta (APPPTS)…

2 hari ago

Terima Mandat dari Aisyiyah Jabar, Reza Arfah Siap Maju Pilwakot Bandung

CIREBONMU.COM, Bandung -- Gelombang dukungan untuk Reza Arfah maju di Pilwalkot Bandung semakin bertambah. Kali…

2 hari ago