Berita

Panlih Musyda ke-3 Muhammadiyah Kabupaten Cirebon Siap Sesuai Tahapan

CIREBON, CM – Panitia pemilihan (Panlih) calon anggota Pimpinan Daerah Muhammadiyah (PDM) siap bekerja secara maraton untuk menyukseskan Musyawarah Daerah (Musyda) ke-3 Pimpinan Daerah Muhammadiyah Kabupaten Cirebon periode 2022-2027, yang akan digelar pada Juli 2023 mendatang.
Hal itu diungkapkan, Ketua Panlih Musyda ke-3 Pimpinan Daerah Muhammadiyah Kabupaten Cirebon, Drs. Somantri, M.Pd.I., usai menerima Surat Keputusan (SK) Panlih Musyda yang diserahkan langsung Ketua PDM Kabupaten Cirebon, Prof. Dr. Ahmad Dahlan, MAg, beserta jajaran, Rabu 8 Juni 2023.
Panlih sebagaimana tugasnya akan mensosialisasikan agenda Musyda terkait dengan pemilihan Pimpinan Daerah Muhammadiyah (PDM) Kabupaten Cirebon sesuai dengan tata aturan penjaringan pencalonan yang ada. Secara teknis Panlih akan mengirimkan surat dan blanko usulan bakal calon kepada Pimpinan Cabang Muhammadiyah (PCM) se-Kabupaten Cirebon dan semua organisasi otonom Muhammadiyah tingkat daerah, lalu menerima usulan calon dan menindaklanjuti amanat pengusul kepada semua calon yang diajukan, kemudian memproses kesediaan dengan persyaratan tertentu yang telah tercantum dalam AD ART Muhammadiyah, memvalidasi data dan menyampaikannya pada pelaksanaan Musypimda dan Musyda hingga proses penetapan PDM.
“Kami akan bekerja secara bertahap sesuai schedule yang telah dirancang dan disosialisasikan. Secepatnya kami akan menyebarkan formulir isian kesediaan bakal calon pimpinan PDM Kabupaten Cirebon periode 2022-2027 kepada PCM-PCM serta ortom,” kata Somantri, usai penerimaan SK Panlih.
Ia menuturkan, sesuai Anggaran Dasar (AD) dan Anggaran Rumah Tangga (ART) Muhammadiyah pemilihan calon anggota pimpinan dilakukan secara berjenjang.
“Sesuai aturan pemilihan anggota pimpinan dimulai dari penjaringan. Kami menjaring nama-nama yang diusulkan oleh anggota PDM Kabuapten Cirebon, Pimpinan Cabang Muhammdiyah (PCM) dan organisasi otonom (ortom) tingkat daerah masing-masing mengusulkan 13 nama,” ujarnya.
Nama-nama yang diusulkan dalam tahap penjaringan itu didata berdasarkan abjad dan diranking. Nantinya, nama-mana yang hasil penjaringan tersebut , disodorkan kepada peserta Musyawarah Pimpinan Daerah (Musypimda) untuk ditetapkan 39 bakal calon PDM.
“Hasilnya dirangking dan dipilih 39 suara terbanyak (urutan 1 hingga 39). Ke-39 nama terbanyak ini nantinya ditetapkan sebagai Calon Anggota Pimpinan PDM yang akan dipilih oleh peserta Musyda,” katanya.
Menurutnya, pada pelaksanaan Musyda nanti, pemilihan anggota pimpinan akan dilaksanakan menggunakan sistem e-votting. Musyawirin (peserta musyda) memilih 13 nama dari 39 calon anggota Pimpinan PDM Kabupaten Cirebon periode 2022-2023.
“Nantinya 13 suara terbanyak ditetapkan sebagai Pimpinan Daerah Muhammdiyah Kabupaten Cirebon periode 2022-2027. Mereka yang terpilih ini yang akan bermusyawarah untuk penetapan Ketua untuk selanjutnya disampaikan kepada peserta Musyda,” pungkasnya. (Goes)

cirebonmu

Recent Posts

107 Tahun Aisyiyah Tegaskan Komitmen Perluas Dakwah Kemanusiaan Semesta

CIREBONMU.COM, YOGYAKARTA - “’Aisyiyah Muhammadiyah tidak hanya berdakwah melalui mimbar tetapi melalui aksi nyata dalam…

13 jam ago

Pemuda Muhammadiyah Pulang Pisau Gelar Musyawarah Daerah III

CIREBONMU.COM, PULANG PISAU - Pimpinan Daerah Pemuda  Muhammadiyah (PDPM)  Kabupaten Pulang Pisau menggelar Musyawarah Daerah…

14 jam ago

UMMAD Lakukan Bimtek Setelah Peroleh Hibah APPPTS dari Kemendikbud Ristek Menjadi UMJT

CIREBONMU.COM, MADIUN – Universitas Muhammadiyah Madiun (UMMAD) memperoleh hibah Akselerasi Penggabungan/Penyatuan Perguruan Tinggi Swasta (APPPTS)…

20 jam ago

Terima Mandat dari Aisyiyah Jabar, Reza Arfah Siap Maju Pilwakot Bandung

CIREBONMU.COM, Bandung -- Gelombang dukungan untuk Reza Arfah maju di Pilwalkot Bandung semakin bertambah. Kali…

20 jam ago

107 Tahun ‘Aisyiyah, Perkuat Komitmen Dakwah Kemanusiaan Semesta

CIREBONMU.COM, YOGYAKARTA - Mengusung tema "Memperkokoh dan Memperluas Dakwah Kemanusiaan Semesta" 'Aisyiyah  akan memperingati miladnya…

23 jam ago

Muhammadiyah Tetapkan Idul Adha 1445 H Jatuh pada Senin 17 Juni 2024

CIREBONMU.COM, YOGYAKARTA – Muhammadiyah telah menetapkan tanggal awal Zulhijah 1445 H berdasarkan perhitungan yang ketat.…

3 hari ago