Berita

Pimpinan Cabang Aisyiyah Se-PDA Kab. Cirebon Dikukuhkan

CIREBONMU, Cirebon – Sembilan dari 15 Pimpinan Cabang Aisyiyah (PCA) periode 2022-2027 se-Kabupaten Cirebon dikukuhkan serentak, dalam kegiatan yang digelar di aula Sekolah Tinggi Kesehatan (STiKes) Ahmad Dahlan Cirebon, Ahad 3 Desember 2023.

PCA yang dikukuhkan di antaranya, PCA Sumber, PCA Tengahtani, PCA Talun, PCA Kedawung, PCA Klangenan, PCA Losari, PCA Ciledug, PCA Pabuaran dan PCA Karangsembung.

Pengukuhan dilakukan Ketua Pimpinan Daerah Aisyiyah (PDA) Kabupaten Cirebon, Aisah, SH dan disaksikan jajaran PDA dan Pimpinan Daerah Muhammadiyah Kabupaten Cirebon serta pengurus PCA periode 2022-2027.

Dalam amanatnya, Ketua PDA Kabupaten Cirebon, Aisah, SH menyebut, selaku wadah berhimpun organisasi perempuan Muhammadiyah, Aisyiyah mengemban tugas dakwah amar makruf nahyi munkar yang harus menjadikan Al-Qur’an dan Sunnah sebagai rujukan.

Ketua Pimpinan Daerah Aisyiyah Kabupaten Cirebon, Aisah, SH.

Dalam tugas kebangsaan, lanjut Aisah, Aisyiyah wajib membantu pemerintah dalam persoalan keumatan seperti menuntaskan stunting yang angkanya masih cukup tinggi di Kabupaten Cirebon.

“Aisyiyah memiliki rekam jejak sejarah dalam membantu pemerintah mengatasi persoalan stunting, salah satunya dengan mendirikan rumah gizi. Kedepan persoalan stunting masih menjadi salah satu concern Aisyiyah khususnya dalam mengedukasi masyarakat agar negara Indonesia bebas stunting,” kata Aisah.

“Selain persoalan stunting, Aisyiyah juga terlibat aktif dalam menekan kasus kekerasan perempuan dan anak yang angkanya masih cukup tinggi di Kabupaten Cirebon,” imbuhnya.

Ketua Pimpinan Daerah Muhammadiyah Kabupaten Cirebon, Novan Hadiyanto, MM.

Aisah juga menyinggung soal sejumlah pekerjaan rumah (PR) di internal Aisyiyah yang membutuhkan perhatian, salah satunya terkait tugas penyelenggaraan pendididikan taman kanak-kanak (TK) yang menjadi kewenangan Aisyiyah.

“Terlibat aktif dalam menuntaskan persoalan stunting, kekerasan perempuan dan anak, tidak serta merta boleh melupakan tugas dan kewenangan yang diberikan persyarikatan Muhammadiyah kepada Aisiyah untuk mengurus TK ABA, TPQ, serta Kelompok Belajar. Keberlangsungan TK ABA dan lainnya harus tetap menjadi salah satu tugas yang harus disukseskan Aisyiyah,” tegas Aisah.

Aisah juga berpesan agar dalam menyikapi tahun politik, aktivis Aisyiyah tetap menomorsatukan ukhuwah dan tidak mudah terpecah belah.

“Beda pilihan politik baik partai, pilihan presiden, gubernur, bupati, anggota DPR, merupakan hal yang harus diterima dengan terbuka. Tetap jaga kekompakan dan ukhuwah, demi kebesaran Aisyiyah dan kemajuan Muhammadiyah,” pungkasnya.

Kegiatan itu, ditutup dengan tausiyah yang disampaikan Ketua Pimpinan Daerah Muhammadiyah Kabupaten Cirebon, Novan Hadiyanto, MM. (Goes)

cirebonmu

View Comments

Recent Posts

Jelang Idul Adha 1445 H, Lazismu Jawa Barat Gelar Rakorsus Qurban

CIREBONMU.COM, Bandung –  27 Lazismu se-Jawa Barat mengikuti kegiatan Rapat Koordinasi Khusus (Rakorsus) Qurban yang…

1 jam ago

PUI Jawa Barat Dorong Muhammadiyah Pimpin Kolaborasi dan Sinergitas Gerakan Dakwah

CIREBONMU.COM, Bandung – Ketua Dewan Pimpinan Wilayah Persatuan Umat Islam (PUI) Jawa Barat, Iman Budiman,…

7 jam ago

Kuatkan Cabang dan Ranting serta Masjid Muhammadiyah Dengan Kembangkan Ekonomi

CIREBONMU.COM, KUDUS - Ratusan penggiat Muhammadiyah yang berkhidmat di Masjid, Cabang, dan Ranting berkumpul di…

24 jam ago

Ahmad Dahlan Serukan Kolaborasi Gerakan Dakwah Dan Kemanusiaan Universal

CIREBONMU.COM, Bandung – Ketua Pimpinan Wilayah Muhammadiyah Jawa Barat Prof Dr H Ahmad Dahlan, M.Ag.…

1 hari ago

Kapolres Way Kanan Jajaki Kolaborasi dengan Pemuda Muhammadiyah

CIREBONMU.COM, Way Kanan --  Bertempat di Gedung Dakwah Muhammadiyah, Kapolres Way Kanan beserta rombongan menggelar kegiatan…

2 hari ago

Lazismu Jabar Goes To Campus, Ajak Mahasiswa Jadi Garda Terdepan Gerakan Filantropi

CIREBONMU.COM, Bandung – Lazismu Jawa Barat menggelar Lazismu Goes To Campus di Auditorium KH Ahmad…

2 hari ago