Ratusan Kader Muhammadiyah Gorong Royong Lakukan Pengecoran SD IT Al Furqon

0
53
Ratusan Kader Muhammadiyah Gorong Royong Lakukan Pengecoran SD IT Al Furqon

CIREBON, CM.- Ratusan kader dan simpatisan Muhammadiyah bergotong royong melakukan pengecoran dak lantai dua Kampus 2 SD IT Al Furqon  PCM Tengahtani, Kabupaten Cirebon, Ahad (31/7/2022).

Pengecoran lantai dua SD IT Al Furqon dimulai pukul 08.00 WIB. Tak hanya melibatkan ratusan kader, pengecoran lantai  itu menggunakan tiga mesin molen.

Para kader secara sigap membagi tugas dan menempati posisi alur adukan berisi agregat semen, air, batu split dan pasir. Adukan yang telah digiling di mesin  molen selanjutnya dituang ke bak penampungan dan diangkut menggunakan ember secara estafet ke lantai dua.

Di lantai dua, adukan lalu dituang secara cepat terus menerus hingga menutup rangka besi yang telah disiapkan sebelumnya. Proses pengangkutan adukan dilakukan secara cepat dan terus menerus hingga seluruh permukaan lantai dua dan rangka besi tertutup rata.

Proses pengecoran yang dilakukan secara marathon itu hanya berhenti untuk Sholat Dzuhur dan makan siang. Pekerjaan kembali dilanjut usai Sholat Dzuhur dan baru berhenti setelah permukaan lantai dua SD IT Al Furqon tertutup adukan, sekitar pukul 17.00 WIB.

Wakil Ketua Pimpinan Cabang Muhammadiyah (PCM) Tengahtani, H Asiwa mengatakan, pelibatan kader dan simpatisan Muhammdiyah serta jemaah Masjid Al Furqon dilakukan karena pengecoran lantai dua Kampus 2 SD IT Al Furqon tidak dikerjakan mobil readymix karena akses jalan tidak memungkinkan.

Ratusan Kader Muhammadiyah Gorong Royong Lakukan Pengecoran SD IT Al Furqon CirebonMU
Ratusan kader PCM Tengahtani dan simpatisan Muhammadiyah bergotong royong

“Akses jalan menuju Kampus 2 SD Al Furqon tidak mungkin dilalui kendaraan. Jangankan mobil besar, mobil kecil saja cukup sulit. Karenanya kami selaku pimpinan di PCM Tengahtani menyampaikan imbauan agar kader khususnya anak-anak muda terlibat pengecoran yang dilakukan secara manual. Alhamduliilah mendapat respons yang baik dan pengecoran pun dapat dilaksanakan tanpa kendala berarti,” kata Ang Iwa, sapaan akrab H Asiwa kepada cirebonmu.com, usai pengecoran.

Menurutnya, biaya pembangunan SD IT Alfurqon itu sementara masih mengandalkan sumbangan warga Muhammdiyah PCM Tengahtani. Saat ini, menurut Iwa, pihaknya tengah mengusahakan pendanaan melalui sumber lain.

“Sementara ini seluruh dana pembangunan masih mengandalkan para donatur dan sumbangan dari warga Muhammadiyah,” tandasnya.

Untuk diketahui, saat ini SD IT Al Furqon PCM Tengahtani telah memiliki ratusan murid yang duduk di kelas 1 hingga kelas 4. Kegiatan belajar mengajar (KBM) dilangsungkan di gedung 1 SD IT Al Furqon yang bediri dua lantai. Namun seiring berjalannya waktu, jumlah murid SD IT Al Furqon semakin banyak sehingga ruang yang ada tidak mampu lagi menampung seluruh murid. Sehingga, PCM Tengahtani pun berinisiatif membangun Kampus 2 SD IT Al Furqon yang kini baru memasuki tahap pengecoran lantai dua. (CM 01)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini