UMMAD Latih Penggunaan Google Classroom Untuk Dukung Transformasi Digital University

0
190
Pelatihan LMS Google Classroom di Ruang Rapat 1 Kampus 1 UMMAD, Sabtu (5/08/2023).

MADIUN, CM – Guna meningkatkan kemampuan dosen dalam penggunaan teknologi digital dalam pengajaran,  Universitas Muhammadiyah Madiun (UMMAD) mengadakan pelatihan penggunaan LMS (Learning Management System) dengan menggunakan perangkat  Google Classroom. Pelatihan LMS menggunakan Google Classroom ini dilaksanakan di Ruang Rapat 1 Kampus 1 UMMAD, Sabtu (5/08/2023).

Seluruh dosen yang ada di UMMAD mengikuti pelatihan Google Classroom yang menghadirkan pemateri, Broto Santoso, S.F., Apt., M.Sc. yang merupakan pengajar  Fakultas Farmasi UMS tersebut.

Direktur TI UMMAD, Husni Thamrin, M.T., Ph.D menyampaikan, tujuan pelatihan LMS ini untuk meningkatkan kompetensi dosen dalam menggunakan media pembelajaran yang kreatif khususnya Google Classroom.

Kedua, dapat meningkatkan keterampilan dosen dalam menyampaikan materi pembelajaran baik daring maupun luring.

“Kemudian memudahkan mahasiswa mengakses materi kuliah dan tugas kuliah,” ujar dosen Prodi Informatika FKI UMS tersebut.

Husni Thamrin mengatakan, untuk menuju digital University tidak hanya sistem administrasi saja yang digital tetapi juga dengan sistem pembelajarannya.

Salah satunya melalui LMS atau Learning Management System dengan menggunakan Google Classroom.

UMMAD Latih Penggunaan Google Classroom Untuk Dukung Transformasi Digital University CirebonMU
Seluruh dosen UMMAD mengikuti pelatihan Google Classroom di Ruang Rapat 1 Kampus 1 UMMAD, Sabtu (5/08/2023).

Alasan memilih Google Classroom ini karena perangkat ini dinilai lebih mudah dalam penggunaan dengan dukungan sistem Google yang lebih lengkap seperti google drive, google docx dll serta tidak berbayar.

Pemateri pelatihan Google Classroom, Broto Santoso, S.F., Apt., M.Sc., menjelaskan,  LMS merupakan platform  kolaborasi dosen dan mahasiswa.

“Sehingga dapat memanfaatkan waktu luang di internal maupun eksternal kampus,” kata dosen yang sering menggunakan perangkat Google Classroom untuk mengajar tersebut.

Sebelum pelatihan dimulai dosen diberi pre-test atau kuis oleh pemateri sebagai pembuka

pelatihan.

Dalam pelatihan ini, Broto Santoso menjelaskan seluruh cara penggunaan Google Classroom.

Misalnya penjelasan mengenai cara masuk di aplikasi tersebut yang harus menggunakan akun email UMMAD.

“Alhamdulillah tadi dosen dosen bisa menguasai semua materi. Sudah bagus sekali tinggal implementasinya. Semoga nanti didukung oleh mahasiswanya,” tutur seorang Lektor di Fakultas Farmasi UMS itu.

Broto Santoso berharap dengan adanya Google Classroom ini mahasiswa lebih bisa mendalami materi saat kuliah luring sehingga lebih bisa mengedepankan Student Learning Center.(yan/Eilia/Marik)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini