Muhammadiyah Deli Serdang Adakan Orientasi Kader Program Aksi Bergizi Sehat Berkemajuan Di Sekolah, Madrasah Dan Pesantren

0
115

CIREBONMU, DELI SERDANG — Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah tiada henti mengabdi dan berkontribusi untuk mencerahkan Masyarakat dan Bangsa. Majelis Pembinaan Kesehatan Umum (MPKU) PP Muhammadiyah tengah menjalin kemitraan dengan Direktorat Promosi Kesehatan dan Pemberdayaan Masyarakat Kemenkes RI untuk menjalankan program Aksi Bergizi Sehat Berkemajuan di Sekolah/Madrasah/Pesantren Muhammadiyah di empat provinsi di Indonesia; Sumatera Utara, Jawa Barat, Sulawesi Selatan, dan Sulawesi Barat. Kerjasama ini sudah dimulai sejak bulan Oktober 2023 dan diawali di Provinsi Sumatera Utara. Saat ini, program Aksi Bergizi Sehat Berkemajuan sudah masuk ke tahap Orientasi Kader yang dilaksanakan pada Rabu dan Kamis (1–2 /11/23) di Kabupaten Deli Serdang, Sumatera Utara.

Kegiatan ini merupakan salah satu kegiatan pemberdayaan masyarakat sebagai bagian dari upaya promosi kesehatan untuk meningkatkan gizi, khususnya mencegah anemia dan stunting bagi siswa dan siswi di 30 Sekolah/Madrasah Kabupaten Deli Serdang. Kegiatan orientasi dilakukan untuk melatih Kader-kader Muda Muhammadiyah atau yang akan disebut dengan GenMu (Generasi Muhammadiyah). Selain GenMu, perwakilan orangtua serta guru juga hadir dalam kegiatan orientasi ini. Aksi Bergizi Sehat Berkemajuan merupakan gerakan meningkatkan cakupan konsumsi Tablet Tambah Darah (TTD) pada remaja putri di Sekolah, Madrasah dan Pesantren Muhammadiyah yang dilakukan setiap minggu selama tiga minggu yang terdiri dari 4 aktivitas yaitu minum TTD, sarapan sehat halalan thoyyiban, olahraga bersama dan edukasi kesehatan.

Tokoh-tokoh yang memberikan sambutan dalam kegiatan ini antara lain Rio Alvin Kurniawan, S.Pd (MPKU PDM Deli Serdang), Agya Nursyifa Indriani, S.Tr.Kes (Kementerian Kesehatan RI), dan Didin Sahidin, M.K.M (Perwakilan MPKU Muhammadiyah). Rio Alvin Kurniawan, S.Pd, dalam sambutannya menyambut positif kegiatan Aksi Bergizi Sehat Berkemajuan di Kabupaten Deli Serdang dan berharap agar kegiatan ini dapat tetap berkelanjutan. Selain itu, dengan adanya gerakan Aksi Bergizi Sehat Berkemajuan diharapkan dapat menurunkan angka anemia di Sumatera Utara.

Agya Nursyifa Indriani, S.Tr.Kes, perwakilan dari Kementerian Kesehatan RI, juga memberikan apresiasi kepada seluruh peserta yang memiliki semangat untuk terlibat dalam kegiatan Aksi Bergizi Sehat Berkemajuan. Beliau menyampaikan bahwa dengan meminum tablet tambah darah para remaja ikut berkontribusi untuk menurunkan angka anemia pada remaja unutk mencegah stunting sehingga terwujudnya derajat kesehatan masyarakat dan generasi muhammadiyah sehat. Sekolah, selaku pelaksana kegiatan, melaporkan pelaksanaan aksi bergizi melalui link yang ada (https://link.kemkes.go.id/LaporanPelaksanaanAksiBergizi2023) dan mengikuti media sosial instagram @aksi_bergizi untuk info lebih lanjut.

Muhammadiyah Deli Serdang Adakan Orientasi Kader Program Aksi Bergizi Sehat Berkemajuan Di Sekolah, Madrasah Dan Pesantren CirebonMU

Perwakilan MPKU Muhammadiyah, Didin Sahidin, M.K.M, menyampaikan bahwa kegiatan orientasi ini dibuat sebagai upaya untuk membentuk komitmen para kader muda dalam melaksanakan kegiatan Aksi Bergizi Sehat Berkemajuan. Selain itu, diharapkan sahabat GenMu dapat mengajak teman-teman lainnya untuk menyukseskan Gerakan Aksi Bergizi Sehat Berkemajuan.

Menurut Maulana Ishak, yang mewakili Tim Instruktur pada kegiatan ini dan juga sebagai anggota Majelis Pendidikan Dasar, Menengah, dan Pendidikan Non Formal Pimpinan Pusat Muhammadiyah, menyampaikan kesehatan dan gizi seimbang sangat penting untuk perkembangan dan pertumbuhan anak. Gizi yang cukup dan seimbang membantu anak tumbuh dengan baik, memiliki energi yang cukup, dan meningkatkan daya tahan tubuh. Penting untuk memastikan anak mendapatkan makanan yang mengandung zat gizi, seperti protein, vitamin, mineral, karbohidrat, dan lemak. Gizi yang baik mendukung perkembangan otak, sistem kekebalan tubuh, dan kesehatan umum anak, sehingga menjadikan Generasi Muhammadiyah di Sekolah, Madrasah, dan Pesantren menjadi manusia yang unggul, cerdas, berkarakter, dan berkemajuan.

Materi pembuka kegiatan ini diisi oleh dr. Sukmawati Hia dari Seksi UPL Dinas Kesehatan Provinsi Sumatera Utara. Beliau menyampaikan mengenai pentingnya menerapkan gizi seimbang untuk remaja. Gizi seimbang dapat dilakukan dengan melaksanakan Isi Piringku setiap kali makan. Selain itu, beliau juga menekankan bahwa konsumsi tablet tambah darah wajib dilakukan untuk memutus rantai penyebab stunting yang masih menjadi masalah kesehatan di Indonesia.

Kegiatan ini diikuti oleh peserta dari Dinas Kesehatan Provinsi Sumatera Utara, Dinas Kesehatan Kab. Deli Serdang, serta MPKU PDM Kab. Deli Serdang, Dikdasmen PDM Deli Serdang, Kader Muhammadiyah 60 orang (20 Guru, 10 Komite Sekolah, dan 30 Siswa/i) dan 10 Puskesmas area Kab. Deli Serdang, Sumatera Utara. (yan)

Sumber : TIM SWAKELOLA MPKU PP MUHAMMADIYAH

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini