Saturday, January 22, 2022
Google search engine
HomeBeritaPDM Kab. Cirebon Tambah Satu Klinik

PDM Kab. Cirebon Tambah Satu Klinik

SUMBER, CM.- Pimpinan Daerah Muhammadiyah (PDM) Kabupaten Cirebon kembali menambah satu aset Amal Usaha Muhammadiyah (AUM) kesehatan yakni Klinik Muhammadiyah Sumber yang diresmikan Ketua Pimpinan Wilayah Muhammadiyah (PWM) Jawa Barat, Ir Suhada, Minggu (19/12/2021).

Dalam sambutannya, Suhada menyebut, peresmian Klinik Muhammadiyah Sumber menambah daftar prestasi PDM Kabupaten Cirebon di bawah kepemimpinan Prof. Dr. Ahmad Dahlan M.Ag. Menurut Suhada, PWM mengapresiasi sejumlah terobosan yang dilakukan PDM Kabupaten Cirebon dengan memberikan penghargaan sebagai PDM Terbaik.

“Dalam Rapimwil di Pangandaran kemarin, PDM Kabupaten Cirebon mendapat penghargaan sebagai PDM Terbaik atas prestasi dalam bidang pemberdayaan SDM. Hari ini PDM Kabupaten Cirebon meresmikan klinik di atas tanah wakaf,” kata Suhada.

Diakui Suhada, mengemban amanat wakaf bukan hal yang mudah. Sehingga bukan rahasia umum membutuhkan waktu yang cukup lama untuk dapat mewujudkan amanat wakaf dari pemberi wakaf.

“Karena itu kami sangat mengapresiasi pendirian Klinik Muhammadiyah Sumber ini meski dibutuhkan waktu puluhan tahun untuk mewujudkannya,” tandasnya.

Di kesempatan sebelumnya, saat memberikan sambutan, Ketua PDM Kabupaten Cirebon, Prof. Dr. Ahmad Dahlan M.Ag menuturkan, tanah yang kini berdiri klinik itu sudah diwakafkan keluarga Kamdiya kepada Pimpinan Cabang Muhammadiyah (PCM) Sumber pada 30 tahun lalu.

“Sebenarnya tanah ini telah diberikan oleh wakif (pemberi wakaf, red) ke PCM Sumber pada 30 tahun lalu. Dan pada akhirnya PDM harus turun gunung untuk mewujudkan amanat wakif, membangun klinik sesuai amanat keluarga almarhum Kamdiya,” kata Dahlan.

Pria yang akrab disapa Lalan itu menuturkan, masih ada tiga titik lokasi wakaf yang amanatnya untuk membangun klinik yakni wakaf rumah di Gebang, Karangsari Waled dan Karangsari Weru.

“Kami (PDM) akan sekuat tenaga mewujudkan amanat wakif membangun klinik untuk pelayanan kesehatan umat, karena wakaf ini salah satu amalan yang pahalanya tidak pernah putus, menjadi amal jariyah tidak hanya bagi wakif, tetapi juga yang mengupayakan amanat wakafnya bisa terwujud,” kata Lalan.

Pihaknya berharap, Klinik Muhammadiyah Sumber dapat memberikan manfaat yang sangat besar bagi masyarakat sekaligus menjadi ladang dakwah persyarikatan. “untuk diketahui, pembangunan Klinik Muhammadiyah Sumber ini tidak satu sen pun ada dana bank. Artinya, semua dana yang digunakan untuk membangun murni dari para donatur dan PDM Kabupaten Cirebon,” ujar Lalan, saat meninjau ruang IGD klinik tersebut. (CM 01)

RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -
Google search engine

Most Popular

Recent Comments