Universiti Muhammadiyah Malaysia (UMAM) Perlis Tertarik Ikut, 70 Lembaga Siap Partisipasi di MITE

2
69
foto: Bekas bangunan pabrik gula Colomadu yg sekarang menjadi obyek wisata De Tjolomadoe, lokasi gelaran MITE

CIREBONMU.COM, SURAKARTA – Sejak dibuka pendaftaran pada tanggal 5 September 2022, hingga saat ini sudah ada 70 institusi/lembaga yang akan ikut serta dalam Muhammadiyah Invention Technology Expo (MITE), hal ini disampaikan Zainuddin Affandy, Koordinator Bazaar dan MITE Muktamar Muhammadiyah dan Aisyiyah ke 48, Ahad (2/10/22).

MITE merupakan kegiatan pendukung pelaksanaan Muktamar Muhammadiyah dan Aisyiyah ke 48 yang akan digelar di bagian in door De Tjolomadoe, Karanganyar.

Pelaksanaan MITE akan dibarengkan dengan penyelenggaraan bazaar Muktamar Fair yang mengambil tempat out door De Tjolomadoe Karanganyar tanggal 17 -21 November 2022.

“Ekspo, istilahnya invensi, 70 pihak yang sudah masuk dari 109 total booth. 3 hari lalu baru 63 sekarang sudah 70,” katanya.

Pihak-pihak yang sudah memesan booth MITE berasal dari beberapa  perguruan tinggi Muhammadiyah di Jawa dan luar Jawa.

Inovasi teknologi yang akan dipamerkan peserta ekspo itu adalah invensi di bidang teknologi, dan kesehatan.

“Banyak invensi. Ada teknologi, herbal juga. Kebanyakan dari perguruan tinggi Muhammadiyah. PTM yang sudah masuk UMM, UMY, UAD, UMSU. Sulawesi sudah ada yang masuk, Kalimantan sudah ada,” terangnya.

Ada juga Universiti Muhammadiyah Malaysia (UMAM) di Perlis yang sudah berkomunikasi dengan panitia ekspo.

“Dari (Universiti)  Muhammadiyah Malaysia Perlis sudah menghubungi juga. Tapi masih tahap tanya-tanya,” ungkap mantan Ketua Pengurus Wilayah Pemuda Muhammadiyah Jawa Tengah itu.

Universiti Muhammadiyah Malaysia (UMAM) Perlis Tertarik Ikut, 70 Lembaga Siap Partisipasi di MITE CirebonMU
foto: Bekas bangunan pabrik gula Colomadu yg sekarang menjadi obyek wisata De Tjolomadoe, lokasi gelaran MITE

Zainuddin mengungkapkan, panitia akan  menutup kepesertaan acara MITE ini pada awal bulan Oktober ini.

Hal ini dilakukan untuk proses pembuatan MITE secara virtual. Sesuai rencana awal, selain akan digelar secara konvensional, MITE  juga akan dilakukan secara virtual.

“Awal bulan ini di close, sampai tanggal 7 Oktober soalnya ini terkait (persiapan ekspo) virtual. Jadi usai data masuk, proses selanjutnya kita buat (versi) virtual. Sehingga ini butuh waktu,” terang Zainuddin.

Mengenai persiapan ekspo virtual sendiri, Zainudin Affandy mengatakan, rumah besar (bangunan) De Tjolomadoe sudah selesai dibangun.

Demikian juga dengan booth pameran juga sudah dibuat virtual. Proses berikutnya tinggal mengisi data.

“Nanti ada space juga untuk (disewakan) commercial,” kata Zainudin Affandy mengenai booth yang belum dipesan tenant setelah pemesanan booth ekspo ditutup tanggal 7 Oktober.

Pelaksanaan MITE dan Bazaar Muktamar Fair dilakukan bersamaan selama 5 hari.  Sedang untuk ekspo virtual tetap bisa diakses di link website Muhammadiyah setelah ekspo di De Tjolomadoe selesai. (yayan/rilis)

Sumber : Media Center Panitia Muktamar 48

2 KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini