Shalat Idul Adha 1443H di PDM Kab. Cirebon dipadati ribuan jamaah

0
89
Shalat Idul Adha 1443 H, Sabtu (9/7/2022) di Komplek Perguruan Muhammadiyah Cirebon

CIREBON, CM – Ribuan jamaah melaksanakan sholat Idul Adha yang digelar Pengurus Daerah Muhammadiyah (PDM) Kabupaten Cirebon,  Sabtu (9/7).

Bertempat di halaman Komplek Perguruan Muhammadiyah Jalan Tuparev No. 70, umat Islam berbondong bondong menunaikan  sholat Idul Adha.

Tidak hanya komplek Perguruan Muhammadiyah Jalan Tuparev 70, PDM Kabupaten Cirebon di waktu yang sama juga menggelar sholat Idul Adha di 16 titik Se-Kabupaten Cirebon.

Panitia Sholat Idul Adha bahkan mengumumkan Perolehan hewan kurban Lazismu  total Rp111,9 juta, terdiri dari sapi sebesar Rp 52,8 juta, sedekah daging sebesar Rp42,8 juta, dan kurban kambing sebesar Rp16,3 juta.

Imam dan khotib ketua PW Muhammadiyah Jawa Barat, Ir. H Suhada. Dalam Khutbahnya menyampaikan perjalanan Nabi Ibrahim dalam pencarian keberadaan Tuhannya. Proses yang dia lakukan untuk menemukan Tuhan semara mata untuk membuktikan kesesatan Tuhan kaumnya

Praktek ibadah lainnya, lanjut Suhada, adalah ibadah qurban yang memiliki efek sosial ekonomi yang sangat besar. Paling tidak akan bisa menolong saudara kita yang sangat jarang makan daging.

“Secara kesehatan daging sangat dibutuhkan oleh tubuh kita karena daging sumber protein yang memungkinkan Untuk memperbaiki derajat kesehatan kita,” ujarnya.

Dari aspek ekonomi, masih kata Suhada, ibadah qurban sangat memungkinkan untuk mendorong terjadinya proses produksi ternak, proses distribusi, dan proses mengkonsumsi daging hewan ternak, siklus itu insya Allah sangat berpeluang untuk mendongkrak ekonomi.

Dari sejumlah praktik ibadah yang diajarkan Nabi Ibrahim, kata Suhada, ada ibadah haji yang dirindukan oleh kaum muslimin Se dunia yang hari ini tengah dilaksanakan oleh saudara saudara kita di Makkah.

Pada kesempatan ini, Rudiyanto, Ketua Pelaksana Shalat Iedul Adha, mengungkapkan rasa syukur dan terharu karena ribuan muslim dan muslimat berdatangan untuk melaksanakan sholat idul adha 1443 H di Komplek Perguruan Muhammadiyah Cirebon.

“Merasa sangat bersyukur dan terharu ribuan muslim dan muslimat berbondong-bondong memadati komplek perguruan Muhammadiyah Kabupaten Cirebon di Jalan Tuparev No.70 untuk melaksanakan sholat idul adha 1443 H pada hari ini,” ujarnya. (CM 01)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini